Minggu, 28 April 2024

Para Penenun akan Pamer Karya di Hari Jadi Surabaya

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi. Hasil tenun dalam sebuah pameran di Surabaya. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Dalam rangka pekan swadesi dan Hari Jadi Surabaya ke 723, pameran batik dan tenun akan digelar di Grand Ballrom Dyandra Convention Center pada 4-8 Mei 2016 mendatang.

Andi Eka Syahputra, panitia acara, Senin (4/4/2016) mengatakan, pameran bertema “Tenun, craft dan Batik Nusantara” ini merupakan upaya dari para penenun dan pembatik untuk kembali menghidupkan tenun dan batik sebagai jatidiri bangsa.

“Ide untuk menggelar pameran batik ini tercetus sejak setahun yang lalu ketika pemerintah ingin menghidupkan kampung tenun yang ada di daerah,” kata Andi.

Dengan pameran ini, para penenun dan pembatik juga berharap pemerintah bisa lebih meningkatkan perhatiannya khususnya bagi para UMKM pelaku tenun dan batik.

Selain itu, dengan pameran ini, kesadaran masyarakat untuk lebih mencintai produk lokal diharapkan juga semakin tumbuh.

Warisan budaya berupa kain tenun dan batik, kata Andi yang juga Direktur CV Vigar Abadi Cemerlang ini, harus dijaga agar tidak dicuri negara lain. “Jangan sampai warisan budaya ini nantinya malah diakui pihak lain,” ujarnya.

Sementara itu, dalam pameran kali ini, panitia menyediakan sebanyak 160 stand yang akan diisi oleh para pembatik maupun penenun dari berbagai kota baik dari Jawa Timur maupun dari luar kota. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs