Sabtu, 27 April 2024

Patroli Rumah Pemudik Memastikan Tidak Ada Kran Air yang Masih Terbuka

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Petugas Bakesbangpol-Linmas Kota Surabaya memastikan rumah di permukiman yang ditinggal mudik terkunci rapat, Rabu (3/7/2016). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Petugas Linmas Kota Surabaya mulai melakukan patroli di pemukiman yang ditinggalkan pemiliknya mudik ke kampung halaman. Petugas tidak hanya memastikan rumah terkunci rapat, juga mendengarkan apakah masih ada bunyi air dari dalam rumah.

Pantauan suarasurabaya, ada sebanyak lima anggota Linmas yang melakukan pengecekan ke rumah-rumah di pemukiman Jalan Lebak Jaya gang 2, Gading, Tambaksari, juga di permukiman sekitarnya.

Khoirul Taqwallah Komandan Pleton memimpin patroli dengan berjalan kaki. Mereka memastikan apakah gerbang rumah warga sudah terkunci dan apa masih ada bunyi air dari dalam rumah.

“Kami memastikan, rumah warga ditinggal dalam keadaan aman. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kebakaran dan kriminalitas,” katanya, Minggu (3/7/2016).

Selain memberi mengecek rumah, Linmas juga tampak memberi arahan kepada warga yang belum mudik. Linmas juga berkoordinasi dengan petugas keamanan yang ada di pos scurity pemukiman tersebut.

Soemarno Kepala Bakesbangpol Linmas Kota Surabaya mengatakan, patroli rutin saat lebaran dan libur panjang ini dilakukan oleh 200 personil Linmas perhari. Patroli dilakukan selama 24 jam dibagi 3 sift.

“Selama lebaran dan libur panjang ini, perhatian kewaspadaan ditingkatkan. Bahkan, PNS dari SKPD lain juga turut piket siaga liburan panjang dan lebaran,” katanya.

Soemarno mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polisi dan TNI dalam pengamanan kota saat lebaran.

“Selain di pemukiman, kami tingkatkan kewaspadaan di mall-mall dan pusat wisata. Seperti kebakaran di Delta Plaza kemarin, anggota bisa langsung sigap,” katanya. (bid/den)

Teks Foto:
– Petugas Bakesbangpol-Linmas Kota Surabaya berkeliling permukiman untuk mengecek kondisi rumah yang ditinggal mudik, Rabu (3/7/2016). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs