Sabtu, 18 Mei 2024

Peduli Energi Alternatif Ciptakan Anak Tangga Penghasil Listrik

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Karya 2 mahasiswa Untag Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Energi listrik sebagai kebutuhan dasar manusia terus meningkat. Penggunaan minyak sebagai sumber bahan bakar utama pembangkit energi listrik masih sangat tinggi. Untuk memanipulasi kebutuhan energi listrik yang terus meningkat itu, dibutuhkan energi alternatif.

“Fenomena itulah yang terlintas dan menjadi ide untuk menciptakan alat yang mampu menghasilkan energi listrik yang sekaligus ramah lingkungan,” ujar Radityo Jalu Atmojo mahasiswa Teknik Elektro Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.

Menggunakan prinsip kerja sebuah pijakan anak tangga sebagai energi alternatif pembangkit listrik dengan gaya pegas, Radityo menciptakan karya kreatif yang sederhana tetapi memiliki fungsi cukup besar.

Pembangkit listrik menggunakan gaya pegas yang bergerak naik turun dan dihubungkan dengan pijakan anak tangga, kata Radityo berfungsi sebagai penggerak utama roda gigi yang merupakan sumber tenaga penggerak generator DC.

“Penggerak utama roda gigi adalah sumber tenaga penggerak generator DC, yang juga berfungsi sebagai alternator penghasil listrik,” kata Radityo.

Ditambahkan Saiful Efendi, yang juga ikut merancang tangga pembangkit listrik alternatif ini bahwa dalam mekanisme dan perancangannya alat tersebut tetap menggunakan ukuran standar.

“Untuk anak tangga ini kami gunakan ukuran standar dan kemiringan standar, yakni menggunakan sudut 40 derajat dan kemiringan 45 derajat sehingga tetap memperhatikan faktor keselamatan,” kata Saiful Efendi.

Posisi pegas, tambah Saiful diletakkan di bawah setiap sisi pijakan anak tangga yang digabungkan dengan roda gigi dengan posisi vertikal.

“Roda gigi saling dihubungkan menggunakan rantai untuk menggerakkan gigi utama yang posisinya berada satu poros dengan alternator sebagai penghasil listrik,” tambah Saiful Efendi yang diamini Radityo Jalu Atmojo pada suarasurabaya.net, Kamis (11/2/2016).(tok/dop/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
29o
Kurs