Sabtu, 18 Mei 2024

Pelatihan USAID Bagi Pendidikan Dasar Tuai Hasil

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kunjungan tim USAID Prioritas ke SDN Sumbergondo 2 Batu. Foto: USAID for suarasurabaya.net

Jeff Cohen Direktur Perencanaan Strategis dan Operasi USAID Biro Asia, terkesan dengan program budaya membaca dan pembelajaran aktif di SDN Sumbergondo 2, Batu. Menurut Jeff, siswa sangat antusias belajar membaca bersama dengan guru.

“Sekolah ini juga mendapat dukungan pemerintah dan masyarakat yang menyediakan fasilitas pembelajaran sehingga membuat guru dapat mengembangkan pembelajaran aktif agar siswa dapat belajar dengan baik. Saya yakin pembelajaran di sekolah ini akan mengantarkan kesuksesan siswa di masa depan,” katanya saat berkunjung ke SDN Sumbergondo 2 Kota Batu.

USAID melalui program USAID Prioritas dan Pemerintah Kota Batu sejak 2014 telah melaksanakan program kemitraan untuk meningkatkan akses pendidikan dasar yang berkualitas.

Bantuan pelatihan dan pendampingan pembelajaran, manajemen berbasis sekolah, dan budaya baca telah difasilitasi oleh USAID ke lebih dari 40 SD/MI dan SMP/MTs di Kota Batu.

Termasuk bantuan lebih dari 22.000 buku bacaan berjenjang ke 37 SD/MI yang digunakan untuk meningkatkan minat dan keterampilan minat baca siswa kelas awal. Setiap sekolah mendapat lebih dari 600 buku bacaan berjenjang tersebut.

SDN Sumbergondo 2 merupakan salah satu sekolah mitra USAID Prioritas di Kota Batu. Para guru setelah mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari USAID, telah menunjukkan perubahan yang positif.

Sebelumnya, menurut Sri Winarni, Kepala SDN Sumbergondo 2, para guru dalam mengajar lebih banyak berceramah, menulis di papantulis, dan tidak ada kegiatan yang menunjukkan siswa aktif.

“Sekarang semua guru sudah menerapkan pembelajaran aktif dan memfasilitasi siswa untuk belajar dengan lebih banyak melakukan percobaan, memecahkan masalah, menghasilkan karya kreatif, dan berani berpresentasi,” kata Sri.

Punjul Santoso, Wakil Wali Kota Batu, menyebut kerjasama dengan USAID telah berhasil meningkatkan kualitas pendidikan dasar di daerahnya.

“Pemerintah Kota Batu siap mendukung keberlanjutan program USAID Prioritas. Kami berharap kerjasama ini dapat dilanjutkan dan dikembangkan kebanyak sekolah lainnya,” kata Punjul.

Ditambahkan Punjul, bantuan dari USAID Prioritas selama ini tidak berupa uang. “Wujudnya pelatihan dan pendampingan pembelajaran aktif, budaya baca, dan manajemen berbasis sekolah yang berfokus untuk meningkatkan mutu pembelajaran, sepertidi SDN Sumbergondo 2 ini,” ujarnya.

Turut pula dalam kunjungan Sabtu (8/10/2016) seperti dilansir dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, di antaranya adalah Andrew Maybrook Direktur Program USAID Indonesia, Wakil Wali Kota Batu PunjulSantoso, dan Kepala Dinas Pendidikan Batu, Mistin.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
31o
Kurs