Jumat, 29 Maret 2024

Penurunan Tarif Tol Suramadu Tunggu Payung Hukum

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Gerbang Tol Suramadu sisi Surabaya, Kamis (4/2/2016). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Suharyono Kepala Gerbang Tol Suramadu mengatakan, akan menunggu Keputusan Menteri PU untuk menerbitkan petunjuk teknis dalam penurunan tarif tol Suramadu sebesar 50 persen.

“Kami akan menunggu instruksi dari Kementerian PU. Jika nanti sudah menerima keputusan menteri, kami akan mensosialisikan penurunan tarif ini,” ujarnya kepada suarasurabaya.net di kantornya, Kamis (4/2/2016).

Sebagai operator yang dikontrak untuk pengoperasian jembatan tol Suramadu ini, pihaknya tidak bisa mengelak dengan instruksi pemerintah pusat jika benar ada penurunan tarif.

“Kami mengikuti saja. Meski selama ini tidak ada keluhan dari masyarakat terkait tarif. Karena tarif penyeberangan kapal masih lebih mahal dari Suramadu,” katanya.

Saat ini tarif tol Suramadu masih normal sesuai golongan atau spesifikasi kendaraan:

Untuk golongan 1 (Mini bus, Pickup, Sedan, Angkutan umum) sebesar Rp 30 ribu, golongan 2 (Truk bergandar dua/ roda belakang double) sebesar Rp 45 ribu, golongan 3 (Truk tronton bergandar tiga) sebesar Rp60 ribu, golongan 4 (Truk Gandeng, Kontainer, bergandar 4) sebesar Rp 75 ribu, dan golongan 5 (Truk Kontainer bergandar lebih dari empat) ditarik Rp 90 ribu.

“Pendapatan dari tarif tol selama ini, perharinya Rp500 juta. Jika nanti diturunkan ya tinggal Rp250 juta,” kata Suharyono.(bid/dop)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs