Kamis, 28 Maret 2024

Peserta Aksi Damai Mulai Berdatangan ke Istiqlal, Suasana Tertib

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Suasana Masjid Istiqlal Kamis malam (3/11/16). Foto : Antara

Sekelompok peserta aksi damai yang berjumlah sekitar 200 orang secara bergelombang berdatangan ke kawasan Masjid Istiqlal, tempat yang dijadikan sebagai salah satu titik kumpul, menjelang unjuk rasa besar pada Jumat (4/11/2016).

“Terpantau sampai saat ini menurut data kami, dari beberapa gerbang, sekitar 150 sampai 200 orang yang sudah datang berkumpul di Istiqlal,” kata Kombes Pol Ridwan RS Kapolsek Sawah Besar di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis malam.

Dia juga mengatakan, massa mulai mendatangi masjid terbesar di Indonesia itu sejak Kamis (3/11/2016) siang dan diperkirakan terus bertambah hingga Jumat (4/11/2016) dini hari dan menjelang shalat Jumat (4/11/2016) esok.

“Kegiatan mereka, biasanya tetap mengikuti rutinitas sholat seperti biasa, melakukan berbagai kegiatan di sekitar masjid karena mereka kebanyakan dari luar Jakarta atau Jawa,” katanya.

Dilansir Antara, di Masjid Istiqlal tidak ada kegiatan mencolok yang terjadi. Beberapa jamaah melakukan kegiatan di sekitar masjid seperti biasa.

Ridwan mengatakan, jamaah yang datang dari mana pun harus mengikuti aturan-aturan karena Masjid Istiqlal adalah tempat ibadah.

“Kegiatan di luar ibadah silakan dilakukan. Kami tetap melakukan penertiban agar tetap terkendali,” katanya.

Untuk menghadapi besok, Polsek Sawah Besar sudah melakukan persiapan pengamanan dengan jumlah personel yang sifatnya standar, yaitu 30 sampai 40 orang. (ant/tit/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs