Sabtu, 25 Mei 2024

Pilot Drone Harus Utamakan Etika

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Salah satu pilot drone menerbangkan drone-nya sebagai atraksi dalam acara Wellcomm Drone Explorer di Surabaya Town Square, Kamis (17/1/2016). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Siapapun bisa mengemudikan drone dengan remote controlnya. Tapi tidak semua orang bisa mengemudikan drone dengan etika.

Hal itu sebagaimana dikatakan oleh Ganang Aditama Ketua Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) Regional Jatim dalam acara Wellcomm Drone Explorer di Surabaya Town Square, Minggu (17/1/2016).

Menurutnya, ada etika-etika yang harus dijaga oleh pilot drone. Selain dipadu dengan skill mengendalikannya, seorang pilot drone harus menghargai area pribadi milik orang lain.

“Semua bisa menerbangkan drone. Tapi ada kasus di Jepang, sampai pemerintahnya melarang drone terbang di manapun,” katanya kepada suarasurabaya.net.

Di Jepang, kata Ganang, para pilot drone menerbangkan alatnya itu untuk tujuan yang menurutnya ngawur. Drone di Jepang seringkali disalahgunakan untuk memasuki obyek-obyek vital.

Di Indonesia, ada aturan dari pemerintah bahwa drone dilarang terbang hingga ketinggian melebihi 150 meter. “Karena di atas 150 meter adalah area terbang pesawat yang landing,” ujarnya. (den/dop/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
28o
Kurs