Minggu, 28 April 2024

Polri akan Gelar Perkara Ahok Akhir November

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Irjen Pol Boy Rafli Amar Kadiv Humas Polri. Foto : Antara

Kepolisian Negara Republik Indonesia akan segera melakukan gelar perkara kasus dugaan penistaan agama yang melibatkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok selambat-lambatnya akhir November ini.

“Semoga gelar perkara bisa dilakukan pada pekan ketiga atau selambat-lambatnya akhir November,” kata Irjen Pol Boy Rafli Amar Kadiv Humas Polri di Nusa Dua Convention Center, Bali, Minggu (6/11/2016).

Gelar perkara akan dilaksanakan setelah penyidik Bareskrim memeriksa seluruh saksi ahli yang diperlukan.

Menurut Boy Rafli Amar, gelar perkara akan dilakukan secara terbuka, meskipun dia membantah bahwa gelar perkara terbuka itu karena adanya tekanan publik.

“Ini proses penyerapan aspirasi (masyarakat), bukan karena polisi merasa tertekan,” katanya.

Dilansir dari Antara, Komjen Pol Ari Dono Sukmanto Kabareskrim Polri akan memimpin gelar perkara tersebut.

Polisi juga akan mengundang berbagai pihak termasuk Kejaksaan, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Komisi III DPR, saksi-saksi ahli yang diajukan pelapor serta saksi-saksi ahli yang dihadirkan penyidik dari kalangan akademisi. Selain itu, lembaga bahasa yang dianggap kredibel dan netral saat gelar perkara juga akan dilakukan.

Gelar perkara itu sendiri dilakukan untuk melihat apakah Ahok sebagai terlapor, yang sekarang sebagai calon petahana gubernur DKI Jakarta untuk Pilkada DKI 2017, telah melakukan tindak pidana atau tidak.

Sementara itu, Bareskrim Polri sudah menjadwalkan pemeriksaan Ahok sebagai saksi dalam kasus tersebut pada Senin (7/11/2016) pukul 10.00 WIB di Kantor Bareskrim Polri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

Hingga saat ini, Polri telah mendengarkan keterangan dari 22 orang saksi dalam pengusutan kasus Ahok.

Di antara 22 saksi tersebut, setidaknya ada 10 orang saksi ahli yang diperiksa berasal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), para ahli hukum pidana, ahli bahasa, dan ahli agama.

“Kita tahu (kasus) ini jadi perhatian publik. Memang lazimnya (gelar perkara) tertutup. Namun untuk memperlihatkan bahwa proses hukum kasus ini objektif, transparan,” katanya. (ant/tit)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs