Kamis, 16 Mei 2024
2014 & 2015

Pomdam V Brawijaya Catat 202 Tindak Indisipliner Prajurit TNI

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Usai memimpin upacara pelaksanaan Opsgaktib dan Yustisi TA 2016. Foto: Totok suarasurabaya.net

Selama kurun waktu 2 tahun yaitu pada 2014 dan 2015, Polisi Militer Daerah Militer (Pomdam) V Brawijaya mencatat terjadinya 202 tindakan indisipliner yang dilakukan prajurit TNI diwilayah Komando Daerah Militer (Kodam) V Brawijaya.

“Oleh karena itu, di tahun 2016 ini, kami berharap tindak indisipliner prajurit TNI berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali. Dan pada pelaksanaan operasi penegakan ketertiban serta yustisi tahun ini kami tekankan pada kedisiplinan, loyalitas moral, serta kepatuhan terhadap hukum,” kata Mayjend TNI Sumardi Pangdam V Brawijaya.

Kamis (14/1/2016) Mayjend TNI Sumardi yang juga Komandan Garnisun Tetap (Dangartap) III Surabaya, menjadi inspektur upacara pada pembukaan pelaksanaan Opsgaktib dan Yustisi di wilayah Garnisun Tetap (Gartap) III/Surabaya di lapangan upacara Kodam V Brawijaya.

Dari catatan Pomdam V Brawijaya, selama tahun 2014 lalu terjadi sekurangnya 130 kasus indisipliner yang dilakukan oleh prajurit TNI. 73 diantaranya adalah kasus kecelakaan lalu lintas, dan sisanya 57 kasus berkaitan dengan tindak pidana.

Sedangkan ditahun 2015, tercatat 72 kasus indisipliner. Dengan rincian 52 kasus terkait pelanggaran lalu lintas, dan 20 kasus terkait penegakan hukum dilingkungan TNI.

Kolonel CPM Ujang Martenis SH Komandan Pomdam V Brawijaya menyampaikan bahwa memang terjadi penurunan kasus indisipliner yang dilakukan prajurit TNI berdasarkan catatan yang terjadi di tahun 2014 dan 2015, tetapi hal itu selayaknya memang menurun jumlahnya atau malah tidak ada sama sekali.

“Seperti yang disampaikan pimpinan, bahwa terkait pelaksanaan Opsgaktib dan Yustisi Tahun Anggaran 2016 diwilayah Gartap III Surabaya, diharapkan terjadi penurunan jumlah kasus indisipliner atau malah tidak ada sama sekali,” tegas Ujang pada wartawan yang menemuinya usai upacara.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
28o
Kurs