Jumat, 19 April 2024

Prajurit Marinir Bhakti Sosial, Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Prajurit Marinir lakukan pemeriksana kesehatan cuma-cuma untuk masyarakat jelang HUT ke 71 tahun Korps Marinir. Foto: Dispen Kormar

Mayjen TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn., Komandan Korps Marinir yang diwakili Wadan Pasmar-1 Kolonel Marinir Siswoto membuka Bhakti Sosial pengobatan gratis dalam rangka memperingati HUT ke-71 Korps Marinir di Balai Desa Sumput, Kecamatan Driyorejo, Gresik, Selasa (8/11/2016).

Dalam sambutannya, Komandan Korps Marinir yang dibacakan Wadan Pasmar-1 menyampaikan bahwa Korps Marinir merupakan bagian integral dari kekuatan TNI yang merupakan alat pertahanan NKRI serta memiliki tugas pokok dalam menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI dan berperan untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman serta gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara, baik melalui operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang.

Sehubungan hal tersebut, lanjutnya, Korps Marinir berupaya untuk selalu berperan secara aktif dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan operasi, khususnya pada operasi militer selain perang berupa pemberian bantuan penanggulangan akibat bencana alam, pengungsian dan bantuan kemanusiaan guna menjaga keutuhan dan stabilitas Nasional.

“Kegiatan Bhakti Sosial kesehatan dalam rangka memperingati HUT ke-71 Koprs Marinir ini merupakan wujud nyata kepedulian Korps Marinir terhadap masyarakat,” tegasnya.

Dengan semboyan bersama Marinir mewujudkan masyarakat yang sehat dan kuat, orang namor satu dijajaran Korps Marinir itu berharap, kepada segenap masyarakat Driyorejo untuk dapat memanfaatkan secara maksimal kegiatan bakti sosial kesehatan tersebut agar terwujud masyarakat yang sehat, sehingga tercipta kondisi kehidupan yang lebih baik.

Diakhir sambutannya, Dankormar atas nama seluruh keluarga besar Korps Marinir mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah Kab. Gresik dan pihak terkait, atas kerjasama dan partisipasinya, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses.

Selain itu, Dankormar berharap agar kegiatan yang positif ini dapat lebih ditingkatkan, baik dari segi kuantitas dan kualitas pelayanan kesehatan serta mampu menjangkau aspek kesehatan lainnya.

Usai sambutan, Wadan Pasmar-1 beserta rombongan melaksanakan peninjauan kegiatan yang dilakukan prajurit-prajurit Korps Marinir yang berada di Poli Umum, Poli ke poli Gigi dan Khitanan. Selanjutnya Wadan Pasmar-1 memberikan bingkisan kepada perwakilan pasien yang selesai melaksanakan pengobatan.

Sementara itu, Komandan Batalyon Kesehatan-1 Marinir Letkol Laut (K) drg. Bachtiar Effendi, Sp. KG, M.Tr Hanla selaku ketua panitia Bhakti Sosial mengatakan bahwa pengobatan tersebut berlangsung mulai jam 07.00 WIB hingga siang hari, dengan jumlah pasien sebanyak 783 orang diantaranya, pada Poli Umum 688 pasien, Poli Gigi 87 pasien dan Khitan 8 pasien.

Dalam pelaksanaannya, Batalyon Kesehatan-1 Marinir bekerja sama dengan Puskesmas Driyorejo, Puskesmas Karang Andong, Dexa Medica, Wing, Semen Indonesia, PT. Dynamic Turbocharger Systems Indonesia dan Garuda Food.

Pada kesempatan tersebut Kadinkes Gresik Bapak Dr. Nurul Dolam, M.Kes., mewakili warga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Korps Marinir atas perhatiannya dengan mengadakan Bhakti Sosial pengobatan gratis bagi warga Desa Sumput dan sekitarnya, dengan harapan kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan yang dihadiri Asops Danpasmar-1 Kolonel Marinir I Made Sukada, Aspers Danpasmar-1 Kolonel Marinir Mauriadi, Danmenbanpur-1 Mar Kolonel Marinir Edy Cahyo Sumarno, Danmenart-1 Mar Kolonel Marinir Ainur Rofiq, Camat Driyorejo Drs. Sujarto, M.Si., Kapolsek Driyorejo Kompol Sukri, S.Psi., M.psi., Danramil 0817/01 Driyorejo Kapten Czi Kasdi, Kepala Desa Sumput H. Sutaji, Perwakilan dari PT. Semen Indonesia Bapak Febriwan, PT. Dynamic Turbocharger Systems Indonesia (DTSI) Bapak Rizal dan pejabat Teras Pasmar-1 tersebut melibatkan seluruh prajurit Batalyon Kesehatan-1 Marinir.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs