Selasa, 7 Mei 2024

Ratusan Pahlawan Ekonomi Ikuti Awarding 2016

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya saat meninjau stand produk Pahlawan Ekonomi di Taman Surya Surabaya, Sabtu (3/12/2016). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Awarding Pahlawan Ekonomi 2016 di Taman Surya diramaikan 250 produk UKM baik kuliner maupun produk kreatif lainnya.

Agus Wahyudi Humas Pahlawan Ekonomi mengatakan, Awarding Pahlawan Ekonomi diseleksi dari 31 kecamatan di Surabaya yang dibagi dalam 3 klaster yaitu klaster kreatif, klaster home industri, dan klaster kuliner bisnis.

Ada yang berbeda dari tahun sebelumnya, awarding tahun ini syaratnya pengusaha UKM harus punya Facebook fanpage dan menyerahkan laporan keuangan. Hal ini sesuai spirit tagline Pahlawan Ekonomi 2016, go global, go financial dan go digital.

“Saat ini yang ikut pameran 250 produk. Tahun ini di Surabaya ada 3.500 UKM meningkat dari tahun 2015 sejumlah 2.700 UKM, dan tahun 2014 yang masih 1.500 UKM,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Sabtu (3/12/2016).

Agus mengatakan, produk UKM yang sudah ditatarupa di tahun lalu sebanyak 120 UKM, maka dari itu target tahun ini rencananya 200 UKM yang akan di repackaging produknya.

“Kami bekerjasama dengan Kreavi.com, para pemilik UKM tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendesain kemasan produknya. Semuanya gratis,” katanya.

Selama ini, kata Agus, ada 999 produk unggulan yang sudah bersaing di level nasional. Produk itu sudah tersebar di retail modern di Indonesia seperti Carrefour dan waralaba lainnya.

“Pahlawan ekonomi ini merupakan mesin kedua menghidupkan ekonomi keluarga. Ibu rumah tangga bisa berpenghasilan tanpa meninggalkan rumah, sedangkan suaminya bisa bekerja seperti biasa,” katanya.

Bagi masa depan Pahlawan Ekonomi Surabaya saat ini adalah bagaimana memperbaiki mentalitas, karena ini bukan terbentuk tapi dibentuk. Mereka digerakkan bukan bergerak sendiri. Saling berjejaring.

“Maka dari itu tahu ini juga ada intership (program magang) bagi pemula. Jadi, UKM yang sudah jadi dan berhasil bisa jadi studi banding bagi yang pemula,” katanya. (bid/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
27o
Kurs