Selasa, 24 November 2020

Renovasi Gedung Grahadi Ditarget Rampung Akhir Tahun Ini

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Renovasi Grahadi. Foto : Taufik suarasurabaya.net

Renovasi Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo Surabaya ditargetkan selesai Desember 2016. Itu termasuk memperbaiki sejumlah bagian yang dianggap sangat perlu segera diganti.

“Pengerjaan renovasi ditarget rampung Desember 2016,” ujar Wiratmoko Pelaksana Proyek PT Wiratama Graha di Surabaya, Rabu (24/8/2016) seperti dilansir Antara.

Namun, kata dia, khusus untuk renovasi lantai satu targetnya selesai sebelum Hari Ulang Tahun Provinsi Jawa Timur pada 12 Oktober 2016, sehingga pengerjaannya diprioritaskan.

“Awal Oktober harus selesai yang di lantai satu karena ada peringatan HUT Provinsi Jatim, makanya pekerja lembur mengerjakannya,” imbuhnya.

Sedangkan, bagian-bagian yang akan direnovasi lainnya seperti kelistrikan, hydrant, penggantian plafon, penggantian atap hingga pemasangan wallpaper.

Renovasi tidak hanya di bagian ruang utama. Bagian sayap kanan kiri juga direnovasi, terutama di bagian atapnya. Selain itu, masalah hydrant dalam renovasi kali ini juga mendapat perhatian utama karena sudah tua seperti sensor otomatisnya yang perlu diperbaiki.

Untuk perubahan desain, kata Wiratmoko, tidak mengubah bentuk dan fungsi yang sudah ada saat ini, kecuali mengganti detail interiornya saja.

“Seperti plafon sekarang akan dibuang dan diubah seperti aslinya, yaitu menggunakan kayu yang diplitur dan dikembalikan ke bentuk klasik,” ucapnya.

Sementara itu, Hizbul Wathon Kepala Biro Umum Setdaprov Jatim mengatakan untuk renovasi Gedung Negara Grahadi sudah menjadi ranah Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang Jatim.

“Biro Umum berwenang jika nanti renovasi nanti selesai, karena tugas Biro Umum adalah merawat atau memelihara gedung yang sekarang ada,” kata mantan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyar Pemprov Jatim tersebut. (ant/rid/dwi)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pohon Tumbang Menutup Jalan Utama Bangkalan Kota

Truk Tabrak Tiang Listrik di Pandaan

Serikat Pekerja Blokir Basuki Rahmat Surabaya

Serikat Pekerja Demo di Surabaya

Surabaya
Selasa, 24 November 2020
29o
Kurs