Jumat, 26 April 2024

Sampai Akhir 2016 Stok Darah di PMI Surabaya Aman

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pendonor darah bakal berkurang jumlahnya memasuki liburan sekolah dan pergantian tahun. Foto: Totok suarasurabaya.net

Stok persediaan darah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Surabaya, diperkiarakan masih aman sampai dengan akhir tahun 2016 nanti. Namun demikian aktivitas penerimaan pendonor masih terus dilayani seperti biasa.

“Perkiraan kami begitu. Karena stok kami sampai saat ini dan perkiraan kami sampai akhir tahun 2016 nanti, stok persediaan darah masih cukup. Namun demikian kami tetap masih menerima pendonor yang ingin menyumbangkan darahnya,” kata Agung Tri Jutanto Humas UTD PMI Surabaya, Rabu (21/12/2016).

Menurut Agung memasuki liburan sekolah, liburan Natal dan menjelang pergantian tahun, selalu terjadi penurunan perolehan darah dari pendonor, hal ini diakibatkan banyaknya warga masyarakat yang berlibur atau menikmati liburan bersama keluarga.

“Biasanya memang begitu. Memasuki liburan, pendonor atau masyarakat memilih liburan, dan ketika liburan itu mereka tidak mau disibukkan dengan hal-hal lain selain bersama keluarga menikmati liburan. Akhirnya perolehan darah di tempat kami menjadi berkurang,” kata Agung pada suarasurabaya.net.

Antisipasi yang bisa dilakukan, kata Agung adalah mendapatkan jumlah bags darah yang banyak dan cukup selama sebelum memasuki musim liburan.

“Seperti sekarang ini stok persediaan darah di tempat kami cukup sampai akhir tahun nanti,” ujar Agung.

Meskipun layanan donor darah tetap melayani masyarakat untuk donor darah selama 24 jam, tetapi memasuki liburan dan menjelang pergantian tahun tetap saja jumlah pendonor menurun. “Karena siklusnya memang seperti itu,” kata Agung.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
28o
Kurs