Kamis, 25 April 2024

Sapi Jokowi Seberat 1,1 Ton Tiba di Masjid Al Akbar Surabaya

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
H-1 menjelang Hari Raya Idul Adha, Minggu (11/9/2016), sapi kurban dari Jokowi Presiden telah tiba di Masjid Al-Akbar Surabaya. Foto: Tito suarasurabaya.net

H-1 menjelang Hari Raya Idul Adha, Minggu (11/9/2016), sapi kurban dari Jokowi Presiden telah tiba di Masjid Al-Akbar Surabaya.

Berat sapi Presiden mencapai 1,1 ton dan merupakan hewan kurban terberat pada Idul Adha tahun ini. Banyak masyarakat yang hadir termasuk anak-anak berebut untuk bisa melihat lebih dekat sapi tersebut.

“Bobot sapi kurban sumbangan Presiden seberat 1,1 ton tipe PO (Peranakan Ongole) asal Panceng Gresik,” kata Helmi M Noor Humas Masjid Al-Akbar Surabaya.

Sapi milik Jokowi yang berwarna putih ini, diletakkan di barisan paling kiri sumbangan sapi kurban di MAS. Di sebelah kanan sapi Jokowi Presiden, ada sapi dari Soekarwo Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jatim, serta pejabat Pemprov lainnya yang diurutkan berdasarkan jabatan.

“Sapi milik Jokowi luar biasa besar, putih dan mulus. Kami mengucapkan terima kasih atas sapi sumbangan Presiden,” ujar Helmi.

Pantauan suarasurabaya, pada pukul 13.16 WIB semua sapi kurban sumbangan untuk MAS hampir semuanya sudah datang, hanya sapi sumbangan Kajati Jatim yang belum datang.

Hewan kurban ini diletakkan di sebelah kanan masjid dekat dengan pintu keluar tol. Banyak masyarakat sekitar yang kebanyakan anak-anak ini ramai melihat tontonan sapi sumbangan Presiden serta pejabat Pemprov lainnya.

Selain itu, sapi kurban sumbangan Gubernur Jatim memiliki berat yang hampir sama dengan Presiden Jokowi, yaitu mencapai 1,05 ton. Jenis sapi milik Pak Dhe adalah sapi Limosin yang berumur 3 tahun. Sedangkan berat sapi dari Gus Ipul mencapai 850 kg.

Perlu diketahui, MAS tidak akan melakukan penyembelihan pada Senin (12/9/2016) pada Hari Raya Idul Adha. Selain itu, pembagian daging kurban juga tidak akan dilakukan di tempat, melainkan langsung kerumah-rumah warga miskin di sekitar masjid.

Bekerja sama dengan kecamatan dan masjid-masjid kecil sekitar, dan dibantu sekitar 200 relawan dari remaja masjid dan jemaah, para warga yang mendapatkan daging kurban nantinya mendapat 1,5 kg per orang.(tit/dwi)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs