Kamis, 9 Mei 2024

Satu Jam, 40 Truk Bermuatan Overload Terjaring Operasi di Tol Sidoarjo-Waru

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Operasi penertiban di KM 25 rest area Tol Sidoarjo arah Waru, Kamis (8/12/2016). Foto: @masjoetakgentar via @e100ss

Dalam waktu 1 jam sebanyak 40 truk bermuatan overload terjaring operasi penertiban di KM 25 rest area Tol Sidoarjo arah Waru, Kamis (8/12/2016).

AKP Bambang Haryono Kanit PJR Tol Jatim 2 mengatakan, penertiban truk bermuatan overload ini dilakukan rutin per-triwulan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Jasa Marga.

“Selama operasi penertiban ini memang yang banyak kita temukan rata-rata masalah truk overload. Ini saja dalam 1 jam sudah 40 truk yang terjaring,” kata Bambang pada Radio Suara Surabaya.

Kata Bambang, makin lama truk overload yang melintas di jalan tol makin bertambah tiap triwulannya. Dari jumlah truk yang terjaring razia sebanyak 80 persen diantaranya kelebihan muatan.

“Sanksinya kita kenakan tilang karena tidak mungkin muatannya kita turunkan. Kalau muatan diturunkan masih ada kendala tempat dan pengamanannya,” ujar dia.

Operasi penertiban truk ini, kata dia, tidak masalah jika dilakukan lebih sering dari waktu yang sekarang. Namun juga harus dipertimbangkan kondisi lapangan, kalau kondisi lalu lintas padat maka tidak mungkin menggelar operasi penertiban karena bisa memicu kemacetan.

“Tadi saya dengar juga banyak truk yang tidak berani lewat jalan tol karena takut terjaring razia,” katanya. (dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs