Kamis, 2 Mei 2024

Seremoni Pergantian Pasukan Jaga Istana Kepresidenan Upaya Dekati Publik

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Penyerahan bendera pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan Foto: Jose suara surabaya.net

Antusiasme masyarakat terhadap seremoni pergantian dan jaga Istana Presiden Minggu (28/8/2016) cukup tinggi.

Acara yang berlangsung di Jalan Medan Merdeka Utara, atau depan istana dimulai pukul 07.30 WIB, tapi satu jam sebelumnya, masyarakat sudah berjubel.

Sejumlah warga yang sedianya hendak berolahraga pagi di sekitar Monumen Nasional memusatkan perhatiannya seremoni pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan yang berangsung satu bulan sekali pada minggu ke dua.

Tampak para pengendara sepeda motor memarkirkan kendaraannya sejenak di bahu jalan untuk menyaksikan seremoni tersebut. Pengendara kendaraan roda empat yang kebetulan sedang berkendara di sisi jalan halaman Istana Merdeka pun turut memperlambat laju kendaraannya.

Seremoni pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan yang baru dua kali digelar tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Masyarakat dari berbagai kalangan tampak memenuhi taman di sebelah bahu jalan guna menyaksikan seremoni tersebut dari dekat.

Pagi ini, seremoni dimulai lebih awal. Sedikit berbeda dari yang telah dilakukan pada bulan lalu, seremoni kali ini didahului dengan pertunjukan dari Korps Musik Pasukan Pengamanan Presiden.

Ketrin seorang warga negara belanda yang melihat bersama suami dan anaknya memujui atraksi kolone senapan dan korp musiknya hebat.

Selain itu, Ketrin yang datang ke Jakarta dengan visa turis, juga mengapresiasi atraksi yang dimainkan oleh pihak Istana dan Paspampres melalui seremoni yang terbuka bagi masyarakat tersebut.

Latif, pengunjung lain juga senang, kini masyarakat bisa merasa semakin dekat dengan lingkungan Istana.

“Masyarakat umum bisa lebih dekat sama Istana. Biasanya begitu dekat sedikit ke Istana saja disuruh minggir-minggir. Sekarang kita malah bisa foto-foto sama Paspampres, ini bagus sekali,” kata Latif.

Pertunjukan tersebut ternyata tak hanya diminati oleh warga Indonesia. Seorang Warga Negara Rusia yang kebetulan sedang berolahraga pagi turut menyaksikannya bersama dengan masyarakat yang telah berkerumun sebelumnya.

“Ini pertama kalinya saya melihat ini selama saya berada di Indonesia dan saya sangat menikmatinya,” terang Victor.

Victor juga menerangkan bahwa hari ini ialah hari ulang tahun dirinya. Sebelumnya, dirinya memang sengaja datang ke Indonesia untuk merayakan hari ulang tahun bersama rekan kerjanya.

This is the celebration,” kelakarnya.

Istana akan Terus Berusaha Mendekatkan Diri dengan Masyarakat

Ditemui oleh sejumlah media yang meliput, Darmansjah Djumala, Kepala Sekretariat Presiden yang turut berbaur dengan masyarakat untuk menyaksikan seremoni tersebut menerangkan, pihaknya akan terus berusaha untuk semakin mendekatkan kehidupan Istana kepada masyarakat.

Salah satu caranya ialah dengan menampilkan atraksi-atraksi baru sehingga semakin menarik minat masyarakat untuk menyaksikan langsung seremoni pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan. Oleh karena ini melibatkan publik muncul pemikiran atraksi-atraksi perlu ditampilkan sehingga menarik minat publik.

Seperti hari ini bahwa partisipasi publik semakin banyak dibanding dengan bulan lalu. Di sinilah ide kenapa menambah atraksi dan menambah jumlah personel.

Kedepannya, akan terus diusahakan atraksi-atraksi baru yang ditampilkan, diantaranya Marching band rencananya akan kita ganti setiap bulan dengan melibatkan marching band dari institusi lain.

Darmansjah menjelaskan bahwa untuk kali ini sengaja dimundurkan karena pekan kedua sebelumnya bertepatan dengan persiapan perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain seremoni pergantian dan jaga istana, setiap tanggal 17 akan diadakan parade senja, lebih hebat lagi, kata Darmansjah.

Bambang Sus, Komandan Paspampres, berharap kegiatan yang terbuka ini dapat mempererat hubungan istana, Paspampres dan rakyat.(jos/zha/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs