Minggu, 5 Mei 2024

Setelah Jadi Ibu Ideal di Kairo, Risma Akan Terima Penghargaan Lagi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya tersenyum lebar saat menyampaikan dirinya menjadi nominator penghargaan setelah menerima penghargaan Ibu Ideal di Kairo, Jumat (24/3/2016). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya kembali meraih penghargaan internasional. Hanya saja, kali itu dia meraih Ideal Mother Award (Penghargaan Ibu Ideal) dari Universitas Kairo, Mesir, yang sifatnya individu.

Wali kota perempuan pertama Surabaya ini mengaku tidak menyangka bisa menerima penghargaan di Kairo, Mesir, sebagai satu-satunya nominator mewakili Asia.

Ada delapan nominator yang diundang di acara tersebut, yang sebagian besar dari negara Timur Tengah. Beberapa misalnya dari Bahrain, Kuwait, Oman, dan Nigeria. “Aku tok yang dari Asia,” katanya.

Risma pun menceritakan bagaimana prosesnya hingga dia menerima penghargaan tersebut. Awalnya adalah usulan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kairo.

“Aku dihubungi sama KBRI Kairo, katanya mau diusulkan untuk menerima penghargaan itu. Dia tanya apa aku setuju, aku bilang setuju,” katanya.

Setelah melengkapi data-data yang dibutuhkan, Risma pun bertolak ke Mesir bersama Nanis Chairani Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana, serta Soepomo Kepala Dinas Sosial.

Ternyata, selain berhasil menerima penghargaan dalam acara itu, hanya dirinya yang diminta menyampaikan pidato kepada hadirin.

“Penilaiannya bukan sebagai wali kota, tapi dari apa yang sudah dikerjakan, tapi Aku satu-satunya yang pidato di sana. Ini dilihat dari yang paling banyak berperan,” ujarnya. “Iya, ini pribadi,” imbuhnya kemudian tertawa.

Tawa Risma semakin renyah saat dia menyebutkan bahwa dia kembali menjadi nomininasi penerima penghargaan.

“Mudah-mudahan menang. Soalnya kamu tahu hadiahnya berapa? 50 ribu US Dollar. Haha. Nanti kamu tak traktir,” katanya bercanda dengan wartawan.

Menurut informasi yang didapat, Risma sedang menjadi nominator penghargaan Islamic Development Bank, yang acaranya dalam waktu dekat akan digelar di Jakarta. (den/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs