Sabtu, 18 Mei 2024

Setiap Bulan Raya Porong Mengalami Penurunan 3 Cm

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kawasan jalan Raya Porong yang masih tergenang air, Kamis (18/2/2016) siang. Setiap tahun jalan ini mengalami penurunan tanah 3 cm. Foto: Verdiansyah Pratama Hiranata via e100

Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) beberapa hari yang lalu melakukan pengukuran ketinggian tanah di sekitar kawasan Raya Porong, dengan hasil bahwa terjadi penurunan tanah sekitar 3 cm setiap bulan.

Hengki Listria Humas BPLS membenarkan bahwa penurunan tanah memang sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu, dengan satu di antara indikasi terjadi cekungan-cekungan di sejumlah kawasan Raya Porong.

“Kalau kita naik mobil atau sepeda motor, cekungan sebagai bagian dari penurunan ketinggian tanah tersebut dapat dirasakan. Di ruas akses jalan dekat tol buntung juga terlihat ada cekungan,” ujar Hengki.

Hengki menambahkan, pihaknya sempat melakukan pengukuran tanah di sekitar Raya Porong sebelum terjadinya banjir beberapa hari yang lalu. Kondisi tanah di beberapa titik memang mengalami penurunan.

“Kami mencatat sekitar 3 cm penurunannya. Dan setelah kami coba telusuri kembali ternyata tidak hanya di satu titik. Tapi penurunan yang ditandai dengan cekungan itu ada di beberapa tempat,” kata Hengki.

Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan monitoring terkait dengan penurunan tanah di kawasan Porong tersebut. “Selain kami tetap fokus mengupayakan penurunan air banjir, kami juga melakukan monitoring pada penurunan tanah,” ujar Hengki.

Sementara itu terkait dengan banjir yang menggenangi Raya Porong, dipastikan Hengki, Rabu (18/2/2016) sejak sekitar pukul 11.00 wib, jalan Raya Porong dua arah sudah bisa kembali dilintasi kendaraan. Sebelumnya kawasan itu terendam banjir dan tertutup untuk seluruh kendaraan.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs