Jumat, 26 April 2024

Simulasi Idul Adha Tingkatkan Pengetahuan Siswa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Simulasi penyembelihan ternak kurban pada perayaan Idul Adha. Foto: Totok suarasurabaya.net

Cerita sejarah tentang Idul Adha kembali disampaikan kepada siswa SD Muhamamdiyah 4 Surabaya sebagai bagian meningkatkan pengetahuan terkait dengan sejarah Agama Islam.

Berkumpul dilapangan sekolah, ratusan siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya, Jumat (9/9/2016) diajak mengikuti simulasi tentang Idul Adha. Simulasi penyembelihan ternak sekaligus sejarah dibalik peristiwa Idul Adha yang juga menjadi bagian penting ajaran Islam.

Menggunakan boneka berbentuk binatang, beberapa siswa diajak maju kedepan untuk bertindak sebagai pelaksana penyembelihan ternak di perayaan Idul Adha.

Masing-masing ada pada posisi sebagai penyembelih ternak kurban, dan beberapa lainnya memegangi ternak yang akan disembelih tersebut.

Terlebih dahulu kepala ternak kurban diposisikan menghadap ke arah kiblat. “Ternak yang akan disembelih kepalanya diposisikan atau dihadapkan ke arah kiblat. ini penting diketahui,” terang Edy Purnomo humas SD Muhammadiyah 4 Surabaya.

Lalu siswa yang bertindak sebagai penyembelih ternak kurban menyembelih bagian leher ternak masih dengan iringan Takbir yang dikumandangkan oleh ratusan siswa lainnya.

Meski peristiwa Idul Adha atau lazim dikenal Idul Qurban sudah dialami para siswa sejak masih kecil tetapi barangkali pada saat inilah mereka memahami dan mengetahui makna dari satu diantara peristiwa peting dalam ajaran agama Islam tersebut.

“Kami berharap anak-anak menjadi semakin memahami makna dari perayaan Idul Adha itu. Kalau dulu mungkin diidentikkan dengan menyembelih ternak semata, mudah-mudahan saat ini mereka jadi tahu makna pengorbanan yang sesungguhnya sesuai ajaran Agama Islam,” tukas Edy Purnomo pada suarasurabaya.net.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs