Sabtu, 27 April 2024

Sistem IT Error, Pasien Rawat Inap RSUD Sidoarjo Tertahan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
RSUD Sidoarjo. Foto: rsd.sidoarjokab.go.id

Pasien di RSUD Sidoarjo terpaksa tak bisa pulang dengan cepat hanya karena sistem komputerisasi di rumah sakit tersebut sempat error, Sabtu (26/3/2016).

Kejadian ini diketahui setelah Hamid, pasien yang dirawat di RSUD Sidoarjo melaporkan kepada Radio Suara Surabaya (SS), Sabtu siang.

“Saya sudah dirawat selama seminggu. Dokter menyatakan saya sudah boleh pulang, tapi karena IT-nya rusak, saya tidak bisa pulang. Administrasinya belum beres. Saya bermaksud meninggalkan deposit pun tidak bisa. Katanya tagihannya tetap jalan,” kata Hamid.

Sementara itu, Zainuri, Humas RSUD Sidoarjo membenarkan kabar tersebut. “Sekitar pukul 12.00 WIB, jaringan IT kami sedang error. Semua tim langsung melakukan perbaikan,” katanya, Sabtu sore.

Terkait kemungkinan meninggalkan rumah sakit dengan deposit sejumlah uang, menurutnya, tetap tidak bisa dilakukan. “Pihak administrasi tidak bisa melihat berapa jumlah nominal terakhirnya. Beliau menginap di paviliun ada yang BPJS, ada yang tidak,” ujarnya.

Pada pukul 16.10 WIB, kata Zainuri, sistem komputerisasi di rumah sakit tersebut baru bisa dioperasikan kembali. “Mohon maaf kami sedikit terlambat memberikan penyelesaian. Sudah kami jelaskan ke pasien. Beliau sudah setuju dan mengerti penjelasan tersebut. Ini sedang proses pembayaran administrasi,” ujarnya.

Hamid pun langsung mengucapkan terima kasih karena dirinya sudah bisa meninggalkan rumah sakit. “Terima kasih bantuannya. Saya sedang proses dengan saya meninggalkan deposit. Saya menelepon SS karena tidak ada kejelasan,” kata dia.(iss/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs