Minggu, 19 Mei 2024

Sling Dermaga 2 Pelabuhan Kamal Selip, Bongkar Muat Tertunda

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
KMP Gajah Mada terpaksa berbalik arah karena saat akan sandar di Pelabuhan Kamal Dermaga 2 sling blok terlepas dari role blocknya. Foto: netter via e100

KMP Gajah Mada terpaksa berbalik arah karena saat akan sandar di Dermaga 2 Pelabuhan Kamal Madura, sling blok terlepas dari role blocknya, Selasa (10/5/2016) pukul 12.40 WIB.

Wildan Jazuli Manager Usaha Pelabuhan ASDP (Surabaya, Perak, Paciran Bawean, Gresik) mengatakan, sling yang terlepas dari role blocknya ini terjepit sehingga tidak bisa memutar saat dioperasikan.

Kata Wildan, diduga penyebab sling ini terlepas karena air sempat pasang cukup tinggi sehingga saat hidrolis dinaikkan sling kesulitan berputar dan langsung terlepas dari role blocknya.

“Antisipasi kita saat ini, karena penumpang dan sepeda motor jumlahnya cukup banyak di atas kapal, kita bongkar dulu. Kendaraan roda empat yang ada di atas kapal harus diangkut balik kucing ke Surabaya untuk bongkar muatan,” kata Wildan pada Radio Suara Surabaya.

Wildan mengatakan, pihaknya meminta maaf pada pengguna jasa atas insiden ini. Bagi penumpang, tiket akan dikembalikan atau penumpang bisa melanjutkan perjalanan dengan kapal berikutnya.

Kata Wildan, proses perbaikan sling yang terlepas ini membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. “Melihat seberapa rumit perbaikannya, estimasi waktu sekitar 3-4 jam jadi diperkirakan bisa normal kembali sekitar pukul 16.00 WIB,” ujar dia.

Wildan menambahkan, saat ini dermaga yang masih bisa digunakan diantaranya Dermaga 1 dan Dermaga Ujung. (dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
26o
Kurs