Rabu, 15 Mei 2024

Surabaya Bangun Dua Jembatan Baru di Jambangan dan di Jalan Ratna

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Jembatan Merah Surabaya. Foto : Istimewa

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya menyatakan, Pemerintah Kota Surabaya akan membangun dua jembatan baru untuk mengurai kemacetan di Surabaya.

Pertama, jembatan untuk menghubungkan Jalan Jambangan ke Jalan Mastrip yang tujuannya mengurai kepadatan kendaraan di Jembatan Rolak, Karah.

Pemkot juga akan membangun jembatan yang menghubungkan Jalan Ratna ke Jalan Bengawan, untuk mengurai kepadatan kendaraan di Jembatan Jalan Bung Tomo.

Pemkot Surabaya telah menyiapkan dana dari Kas Khusus hasil partisipasi penyewaan lahan Hak Guna Bangunan (HGB) di atas Tanah Hak Pengelolaan (HPL) Pemkot Surabaya.

Dana pembangunan Jembatan Mastrip dari partisipasi BRI Tower yang telah menggunakan lahan lebih dari 20 tahun, sedangkan Jembatan di Jalan Ratna berasal dari partisipasi Hotel Bumi (Hyatt).

Untuk Jembatan Mastrip, Risma mengatakan sudah menyiapakan anggaran sekitar Rp200 miliar dari kas khusus tersebut. Sayangnya, Risma lupa berapa jumlah anggaran untuk Jembatan Ratna.

“Tadinya, mau kami bangun di Jalan Gayung Kebonsari terusannya Injoko itu. Tapi sudah dua tahun kami dekati, belum berhasil bebaskan tanah. Akhirnya di sebelah utara, di bawah Tol,” ujarnya.

Pemkot Surabaya, kata Risma, saat ini sedang mendekati Jasa Marga untuk penggunaan lahan di bawah tol, agar tidak perlu membebaskan lahan lagi.

Sedangkan untuk jembatan Ratna, Risma sudah memastikan bahwa pembangunan jembatan itu akan diikuti dengan skema satu arah untuk Jembatan di Jalan Bung Tomo.

“Jadi BAT (depan Marvel City) nanti satu arah. Dari Upa Jiwa, nanti bisa terus ke AJBS, lalu ketemu jalan ratna, terus naik jembatan nyeberang ke Jalan Bengawan,” katanya.(den/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
33o
Kurs