Jumat, 26 April 2024

Tim Robot SD Muhammadiyah 4 Siap Bersaing di Singapura

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya mempersiapkan diri untuk lomba robot internasional di Singapura. Foto: Totok suarasurabaya.net

Setelah mengukir sederet prestasi ditingkat nasional, tim robot SD Muhammadiyah 4 Surabaya mulai mempersiapkan diri mengikuti lomba robot tingkat internasional di Singapura.

Puluhan siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya, Senin (5/9/2016) terlihat sibuk dan berkonsentrasi penuh mengutak-atik robot di tangan mereka. Sesekali mereka mengetik pada keyboard laptop di hadapannya. Lalu sejurus kemudian mereka berdiskusi dengan rekannya.

Pemandangan ini tidaklah aneh, lantaran beberapa bulan ke depan anak-anak tergolong belia ini bakal mengikuti ajang lomba robot tingkat internasional yang digelar di Singapura. Sejumlah negara di antaranya, Mesir, Thailand, dan India akan mengirimkan perwakilannya.

“Sebelum ini mereka memang sempat meraih prestasi di tingkat nasional. Kesempatan ini menjadi langkah awal mempersiapkan diri menuju prestasi di ajang internasional. Mereka hartus terus berlatih dan mempersiapkan diri, karena lomba itu tingkat internasional. Tantangannya jelas lebih berat,” terang Endik Setyawan Penanggungjawab Robotik SD Muhammadiyah 4 Surabaya.

Untuk kategori underwater robot, Abiyan Firmansyah, Ilham Wandya dan Afel Alarik berhasil merebut juara pertama. Sedangkan Rehan Akbar, Ragit Haeed dan Irfan untuk kategori Rescue robot berhasil merebut juara pertama juga.

Beberapa minggu belakangan ini, setelah mereka meraih prestasi lomba robot nasional untuk tingkat sekolah dasar, sepulang sekolah anak-anak giat berlatih mempersiapkan diri di ajang lomba internasional tersebut.

“Kami berharap anak-anak nantinya juga akan menorehkan prestasi gemilang dengan merebut juara di tingkat internasional tersebut. Tentunya ini menjadi contoh bagi kawan-kawan mereka lainnya untuk bisa mengukir prestasi. Mengharumkan nama sekoah, bangsa dan negara juga,” ujar Edy Purnomo Humas SD Muhammadiyah 4 Surabaya pada suarasurabaya.net.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs