Selasa, 30 April 2024

Tips Terhindar dari Pencurian dan Penipuan Bermodus Pura-pura

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. CCTV.

AKBP Sinto Silitonga Kasatreskrim Polrestabes Surabaya mengudara di Suara Surabaya (SS), Jumat (16/9/2016), memberikan tips kepada masyarakat agar terhindar dari pencurian dan penipuan bermodus pura-pura.

Pertama, selalu mengidentifikasi orang yang kita tidak kenal sejak pertama kali bertemu. Identifikasi dapat dilakukan dengan menanyakan nama, nomor telepon orang yang menyuruh dan kepentingan kedatangannya. “Anda boleh mengkonfirmasi terlebih dahulu ke nomor yang menyuruh orang tersebut mengambil barang,” katanya.

Kedua adalah memasang CCTV atau mengambil foto dari orang tersebut, di samping mengenali ciri-cirinya.

“Masyarakat agar tidak mudah membukakan pintu sampai benar-benar yakin,” ujarnya.

Sinto menambahkan, pelaku tidak hanya mengincar rumah-rumah di perumahan tapi juga permukiman karena rata-rata masyarakat Kota Surabaya menitipkan rumahnya ke pembantu karena pagi sampai sore hari di kantor.

“Keamanan di perumahan perlu ditingkatkan, misalnya dengan manajemen profesional. Ketika ada pengunjung, petugas menanyakan tujuan dan meminta pengunjung meninggalkan identitas. Juga patroli rutin untuk melihat dan menanyakan aktivitas terutama yang bukan penghuni,” katanya.

Sinto mengimbau, jika ada masyarakat yang menjadi korban pencurian dan penipuan bermodus pura-pura agar segera melapor ke kantor polisi terdekat, sekecil apapun kerugiannya. “Kami sangat welcome dan akan melayani,” kata Sinto.(iss/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
33o
Kurs