Selasa, 14 Mei 2024

Umat Katolik Persiapkan Pekan Suci Jelang Paskah

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Perarakan Via Dolorosa tentang sengsara Yesus. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Pekan Suci menjelang Paskah ditandai dengan Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung serta perayaan Paskah yang dilaksanakan pada Minggu (27/3/2016) mendatang.

“Mengapa disebut Pekan Suci, karena selama sepekan mulai Minggu (20/3/2016) sampai dengan Minggu (27/3/2016) mendatang sederet persembahyangan digelar menjelang perayaan Paskah sendiri,” terang Romo Eko Budi Susilo Pr., Penasehat Kerukunan Umat Beragama Indonesia (KUBI) Jatim.

Dimulai dengan Minggu Palma yang jatuh pada Minggu (20/3/2016) umat Katolik nantinya akan mulai memasuki masa pra Paskah. Minggu Palma biasanya ditandai dengan perarakan umat membawa daun Palma.

Pada Kamis (24/3/2016) digelar misa Kamis Putih di gereja-gereja Katolik diseluruh Surabaya dan Jawa Timur serta Indonesia. Kamis Putih biasanya ditandai dengan pembasuhan kaki umat oleh Pastor.

“Dan Jumat Agung sebagai puncak dari masa menjelang Paskah, umat biasanya menggelar Via Dolorosa atau kisah perjalanan sengsara Yesus menuju kematian di kayu Salib. Inilah bagian penting dari perjalanan pra Paskah,” kata romo Eko, Jumat (18/3/2016).

Pantauan suarasurabaya.net, di beberapa gereja Katolik di Kota Surabaya, persiapan perayaan Paskah serta Pekan Suci menjelang Paskah sudah dilakukan. Diantaranya adalah pemasangan beberapa ornamen di dalam gereja untuk melengkapi misa Kamis Putih maupun Jumat Agung.(tok/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
31o
Kurs