Kamis, 16 Mei 2024

Upacara Hari Pahlawan di Taman Surya Sampaikan Pesan Pahlawan Nasional

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November yang digelar di Taman Surya Balaikota Surabaya diikuti oleh ribuan peserta. Foto: Taufik suarasurabaya.net

Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November yang digelar di Taman Surya Balaikota Surabaya diikuti oleh ribuan peserta.

Peserta upacara di antaranya pejuang 45, veteran perang kemerdekaan, TNI, Satpol PP, Dinas Kebakaran, PDAM Surya Sembada, PD Pasar Surya serta beberapa SKPD lainnya. Mayoritas peserta upacara mengenakan seragam pejuang dengan segala kreativitasnya. Ada yang memakai kaos berlubang-lubang dan ada yang sengaja membawa bambu runcing.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya bertindak sebagai inspektur upacara.

Selain membacakan UUD 1945 dan Pancasila, dalam upacara kali ini juga disisipkan pesan-pesan pahlawan yang disampaikan oleh M. Yunus Camat Sawahan. Beberapa pesan pahlawan itu diantaranya pesan dari Bung Tomo sesaat sebelum perang menghadapi Inggris.

Selain itu juga ada pesan dari Gubernur Suryo yang disampaikan sesaat sebelum pertempuran 10 November. Saat itu Gubernur Suryo sempat mengatakan di radio bahwa lebih baik hancur ketimbang terus terjajah.

Pesan dari Jenderal Sudirman sesaat sebelum jatuhnya Yogyakarta dan pesan Ki Ageng Serang yang sudah mulai muak dengan keluh kesah pengikutnya akan serangan-serangan dari para penjajah juga disampaikan dalam upacara.

Tri Rismaharini selaku inspektur upacara juga menyampaikan amanat dari Menteri Sosial. (dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
29o
Kurs