Sabtu, 18 Mei 2024

Upgrade Keterampilan Wajib Dilakukan Guru Hadapi MEA

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Guru dari Jepang saat hadir disebuah sekolah Islam di Surabaya. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Agar mampu bersaing di pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), guru wajib terus melakukan peningkatan keterampilan. Jika tidak, maka guru hanya menjadi penonton saja ketika persaingan atau kompetisi terjadi.

“Tentunya itu tidak kita harapkan bersama. Guru memang wajib untuk terus menerus melakukan upgrading keterampilan. Bukan hanya untuk kepentingan pribadi semata. Tetapi juga dalam rangka memasuki persaingan pasar bebas,” kata Isa Anshori pemerhati pendidikan.

Upgrading keterampilan dapat dilakukan melalui banyak hal. Mulai dari menambah keterampilan di bidang masing-masing hingga meningkatkan strata di jenjang pendidikan.

Persaingan di pasar bebas, mengharuskan para pelakunya untuk bisa bersaing secara bebas. “Oleh karena itu, sertifikasi sangat dibutuhkan guru agar memiliki kemampuan sejajar dengan guru lain dari negara lain,” kata Isa.

Jika guru tidak berani memilih melakukan upgrading kemampuan, pengetahuan dan keterampilannya, maka ketika harus bersaing dengan kompetitor dari negara lain akan berhadapan dengan berbagai kendala.

“Kompetitor tentunya tidak akan tinggal diam ketika pasar bebas dibuka. Jika kita siap menghadapi persaingan, maka kompetisi menjadi seimbang. Karena itu, guru wajib selalu meng-upgrade keterampilannya,” ujar Isa Anshori pada suarasurabaya.net.

Ditemui di tempat berbeda, Johanes Mardijono Kepala SMAN 1 Surabaya, membenarkan bahwa upgrading kemampuan, keterampilan bagi guru sangat dibutuhkan. Tidak hanya terkait dengan dibukanya pasar bebas MEA.

“Peserta didik saat ini sangat berkembang. Mereka bahkan melebihi kemampuan dan keterampilan guru dibidang materi ajar. Kalau guru selalu meng-upgrade keterampilannya, maka beliau akan mampu mengimbangi kebutuhan peserta didik dalam hal materi ajar itu sendiri,” kata Johanes Mardijono, Rabu (6/1/2016). (tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
31o
Kurs