Sabtu, 4 Mei 2024

Waspada, Malam Ini Awan Mendung Hampir Merata di Jatim

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Mendung di kawasan Waru, Sidoarjo. Foto: Dok Netter e-100

Bambang Setiajid Kasie Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengatakan awan mendung terpantau dari radar BMKG Juanda hampir merata di Jawa Timur.

Bambang menyebutkan, awan mendung terpantau memanjang ke utara hingga ke wilayah Sumenep, di Madura. Sedangkan ke barat hingga ke wilayah Tuban, Bojonegoro, Lamongan, dan Ngawi. Ke selatan, mendung mencapai wilayah Malang, Nganjuk, dan Ponorogo.

“Nah, ke timur sampai Lumajang dan Banyuwangi. Ini terlihat dari spot-spot area yang tampil di radar,” katanya kepada Radio Suara Surabaya, Minggu (7/2/2016) petang.

Menurutnya, potensi hujan deras malam ini akan terjadi di beberapa daerah di Jatim. Antara lain di Bojonegoro, Lamongan, dan Nganjuk. Tidak hanya deras, berdasarkan citra di radar BMKG Juanda, hujan di daerah tersebut berpotensi disertai angin kencang.

“Kecepatannya bisa di atas 50 kilometer/jam. Tapi durasinya tidak lama, kemungkinan terjadi menjelang hujan saja,” ujarnya.

Bambang memprakirakan, hujan lebat disertai dengan angin kencang itu akan terjadi di tiga daerah yang disebutkan di atas terjadi antara pukul 18.00 WIB atau pukul 18.30 WIB.

“Ada potensi, hujan dengan kecenderungan yang sama juga terjadi di Pamekasan bagian utara, Sampang bagian utara, dan Sumenep bagian utara. Termasuk juga akan terjadi di Jombang, Mojokerto, Ponorogo, Trenggalek, Nganjuk, dan Madiun,” katanya. (den/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs