Kamis, 9 Mei 2024

Waspada Yvette, Gelombang Laut Jawa Bisa 4 Meter

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Posisi siklon tropis Yvette berada di Barat Laut Australia atau di bawah Pulau Jawa. Foto: bom.gov.au

Ketinggian gelombang laut di Laut Jawa utamanya bagian tengah dan timur bisa mencapai 2,5-4 meter imbas munculnya siklon tropis Yvette sejak Rabu (21/12/2016). Sedangkan di Samudera Hindia, khususnya di selatan Bali hingga NTT gelombang laut jauh lebih tinggi lebih dari 4 meter.

Ady Hermanto Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya mengatakan, saat ini posisi siklon tropis Yvette berada di Barat Laut Australia atau di bawah Pulau Jawa.

Siklon tropis Yvette ini, kata dia, menyebabkan terjadinya angin kencang hingga 32 knot atau 64 km/jam, gelombang tinggi dan hujan dengan intensitas lebat.

“Dampak siklon tropis Yvette ini diperkirakan sampai tanggal 23 Desember mendatang. Tapi nanti tanggal 23 Desember itu kita update lagi posisinya dimana,” kata Ady pada suarasurabaya.net.

Ady menjelaskan, posisi siklon tropis Yvette menyebabkan perairan maupun daratan Indonesia seperti landasan pacu dari pergerakan angin ke pusat tekanan rendah di perairan selatan Jawa.

“Peringatan dini untuk gelombang tinggi sudah kami keluarkan. Jadi kami imbau untuk masyarakat yang beraktivtas di laut harus mewaspadai tingginya gelombang di sejumlah perairan tersebut agar tidak menimbulkan musibah,” ujarnya. (dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
32o
Kurs