Senin, 23 November 2020

Ziarah Pahlawan dan Bersih Pantai Jelang HUT ke 71 tahun Korps Marinir

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusum Bangsa dilakukan menjelang HUT ke 71 tahun Korps Marinir. Foto: Dispen Kormar

Ziarah dan tabur bunga dilakukan prajurit Marinir Wilayah Timur (Marwiltim) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Surabaya, Senin (14/11/2016) menjelang peringatan HUT ke 71 tahun Korps Marinir.

Kegiatan ziarah tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-71 Korps Marinir yang jatuh pada tanggal 15 Nopember 2016.

Rombongan ziarah dipimpin Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si, ini adalah wujud penghormatan terhadap jasa dan pengorbanan para pahlawan bangsa.

Upacara diawali penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, doa untuk arwah para Pahlawan Kusuma Bangsa serta dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di Monumen Tugu Pahlawan oleh Danpasmar-1.

Usai upacara, rombongan ziarah melaksanakan tabur bunga di pusara para pahlawan sebagai penghormatan kepada arwah pahlawan yang telah mendarmabaktikan jiwa dan raga kepada Bangsa dan negara.

Sementara itu, di lokasi kawasan pantai Tambak Wedi, Surabaya, juga dilaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai jelang HUT ke 71 tahun Korps Marinir.

Karya Bhakti Sosial membersihkan Pantai ini merupakan wujud kepedulian TNI khususnya prajurit Korps Marinir Pasmar-1 terhadap lingkungan hidup serta turut mensukseskan program kota Surabaya yang hijau dan bersih.

Bersih-bersih kawasna pantai ini merupakan satu diantara bentuk antisipasi terhadap kerusakan lingkungan, terutama lingkungan hidup yang rentan mengakibatkan bencana alam, disamping untuk mengantisipasi dan mencegah berkembangnya wabah penyakit.

Kegiatan bersih-bersih pantai ini melibatkan ratusan prajurit Pasmar-1 ini, juga dibantu Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Pekerjaan Umum (PU) Surabaya, Politeknik Eletronika Negeri Surabaya, SMAN 22 Surabaya, SMA Alfalah Surabaya serta elemen masyarakat disekitarnya.

Pada kesempatan tersebut, Mayor Marinir Abdillah Pasiops Yontaifib-1 Mar menyampaikan, melalui kegiatan ini diharapkan jadi pendorong dan memotifasi masyarakat membiasakan diri peduli lingkungan.

“Buanglah sampah pada tempatnya, ingat bersih itu sehat, bersih itu indah dan bersih itu sebagian dari pada iman. Semoga kegiatan ini menjadi pemicu masyarakat sadar lingkungan,” kata Pasiops Yontaifib-1 Mar.(tok/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pohon Tumbang Menutup Jalan Utama Bangkalan Kota

Truk Tabrak Tiang Listrik di Pandaan

Serikat Pekerja Blokir Basuki Rahmat Surabaya

Serikat Pekerja Demo di Surabaya

Surabaya
Senin, 23 November 2020
29o
Kurs