Kamis, 16 Mei 2024

200 Penari Gandrung Banyuwangi akan Buka Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Sebanyak 200 penari Gandrung Banyuwangi saat bersiap-siap untuk memperlihatkan kebolehan mereka menari Gandrung di depan ribuan undangan. Foto: Jose suarasurabaya.net

Sebanyak 200 penari Gandrung Banyuwangi saat ini sedang memperlihatkan kebolehan mereka menari Gandrung di depan ribuan undangan yang sudah memadati halaman Istana Merdeka, Kamis (17/8/2017).

Gandrung Banyuwangi ditampilkan sebagai salah satu budaya Indonesia dari ujung timur. Penari sengaja dipilih dari pelajar SMP dan SMA untuk menjadi pembuka rangkaian acara pembukaan Hari Proklamasi RI ke-72.

Berbeda dengan tahun sebelaumnya yang biasanya hanya diisi dengan upacara khusus pengibaran bendera, tapi kali ini diawali dengan kesenian. Selain Gandrung Banyuwangi juga akan ditampilkan hiburan dan beberapa kesenian daerah yang lain sambil menunggu dimulainya upacara resmi menyambut hari kemerdekaan RI.

Upacara kali ini berbeda karena terasa sekali Indonesianya. Pasalnya banyak masyarakat daerah yang mengenakan pakaian adat masing-masing seperti Jawa, Padang, Papua dan lainnya. Ini menggambarkan kebhinekaan tunggal ika di Indonesia. (dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
29o
Kurs