Sabtu, 20 April 2024

8 Negara Ikuti Kemah Patriot Lingkungan Hidup di Kenjeran Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Roni mengalungkan hasduk pada satu anggota perwakilan 8 negara. Foto: Humas Kwarda Jatim

Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur, Jumat (28/7/2017) menggelar Kemah Patriot Lingkungan Hidup diikuti ratusan anggota Pramuka ditambah perwakilan dari 8 negara sampai Minggu (30/7/2017) di Pantai Kenjeran Lama, Surabaya.

“Ke 8 negara yang kami undang mengirimkan perwakilan untuk mengikuti Kemah Patriot Lingkungan Hidup gelaran Kwarda Jatim. Mereka sudah hadir dan akan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang akan kami akhiri sampai Minggu (30/7/2017) nanti,” kata Mochamad Zamroni Andalan Daerah urusan Lingkungan Hidup Kwarda Jatim.

Ke 8 negara yang hadir tersebut, lanjut Roni sapaan Mochamad Zamroni adalah: Malaysia, Vietnam, Belanda, Latvia, Canada, China, Portugal dan Romania. “Masing-masing telah mengirimkan perwakilan dan bersedia mengikuti seluruh kegiatan sampai rampung,” ujar Roni.

Dari kegiatan Kemah Patriot Lingkungan Hidup ini, diharapkan nantinya para anggota Pramuka dimanapun berada mampu menjadi kader-kader lingkungan hidup yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup disekitarnya.

“Kalau saat ini Pramuka masih diidentikkan dengan kegiatan berkemah, Persami atau kegiatan keterampilan lainnya, maka melalui Kemah Patriot Lingkungan Hidup diharapkan nantinya Pramuka juga mampu menjadi kader penjaga lingkungan hidup,” kata Roni.

Sementara itu, sederet kegiatan yang diwarnai dengan praktek langsung dijadwalkan digelar selama tiga hari di kawasan Pantai Kenjeran Lama. Mulai dari pemaparan tentang lingkungan hidup, kondisi lingkungan hidup saat ini, hingga bagaimana memanfaatkan sampah untuk hal-hal bermanfaat.

Sekurangnya 200 anggota Pramuka dari Penegak dan Pandega se Jawa Timur yang hadir akan bersama-sama 14 bule tamu dari 8 negara bergerak bersama dalam Kemah Patriot Lingkungan Hidup, diantaranya belajar membuat kompos dari sisa makanan.

“Tentunya, akan juga kami adakan permainan-permainan keterampilan khas Pramuka yang dihadirkan disela-sela kegiatan selama 3 hari tersebut,” pungkas Roni yang menjadi ketua pelaksana pada kegiatan Kemah Patriot Lingkungan Hidup tahun 2017 ini.(tok/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs