Jumat, 26 April 2024

Antisipasi Urbanisasi, Dispendukcapil Surabaya Razia Kos-kosan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satpol PP Kecamatan Genteng bersama petugas Dispendukcapil Kota Surabaya razia tempat kos. Foto: Totok suarasurabaya.net

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya, Senin (3/7/2017) seiring usainya libur Lebaran 2017, menggelar razia tempat kos di kawasan Kecamatan Genteng, Kelurahan Peneleh, mengantisipasi urbanisasi pasca Lebaran.

Berkoordinasi dengan Satpol PP Kecamatan Genteng, beserta Linmas, razia identitas dan pekerjaan di sejumlah tempat kos yang digelar Dispendukcapil Kota Surabaya berlangsung di beberapa tempat kos yang ada di kawasan Jl. Peneleh, Surabaya.

Dari sekurangnya 3 lokasi yang didatangi petugas, ternyata belum ditemukan adanya warga masyarakat dari luar kota Surabaya yang tidak mengantongi identitas atau tanpa surat keterangan yang jelas.

Suharto Wardoyo Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya menyatakan bahwa razia seperti ini memang selalu dilakukan usai Lebaran. Mulai dari sejumlah tempat kos, juga di kawasan-kawasan yang menjadi tempat berkumpulnya warga masyarakat.

“Kami langsung menggelar razia usai libur Lebaran tahun ini. Yang kami sasar adalah warga masyarakat pendatang yang memang tidak memiliki identitas resmi atau sah. Termasuk kami akan tanyakan juga pekerjaannya di Surabaya sebagai apa,” ujar Suharto Wardoyo.

Kalau mereka tidak dapat menunjukkan surat resmi, identitas dan tanpa pekerjaan serta tidak punya keterampilan, lanjut Suharto, ini sangat riskan dan rawan. “Karena itu, razia ini kami gelar sebagai upaya mengantisipasi hal itu. Tanpa identitas, dan tanpa keterampilan, rawan menjadi pelaku kriminal,” kata Suharto.

Nantinya, kata Suharto, razia semacam ini akan terus digencarkan di seluruh wilayah Kota Surabaya, sebagai upaya mengantisipasi datangnya masyarakat luar Surabaya tanpa identitas dan tanpa keterampilan pasca Lebaran.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs