Selasa, 7 Mei 2024

Asal Penuhi Kewajiban Bea dan Cukai, Transaksi Bakal Aman

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi. Barang bukti dan tersangka saat dirilis di Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai Pabean Juanda, Selasa (27/12/2016). Foto: Bruriy/Dok. suarasurabaya.net

Pemenuhan kewajiban dalam kaitannya terhadap bea dan cukai, dipastikan akan memberikan jaminan keamanan serta kenyamanan dalam transaksi secara online maupun dalam kaitanya dengan perdagangan internasional.

Itu disampaikan Rudi Hermawan Kepala Seksi Kepabeanan dan Cukai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Type Madya Pabean Juanda, saat menjadi pembicara pada Customs goes to Campus, Selasa (21/3/2017) di kampus Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya.

“Jika transaksi atau perdagangan dengan pihak manapun sudah dilakukan sesuai prosedur, termasuk pemenuhan persyaratan kepabeanan, maka akan ada jaminan bahwa transaksi berlangsung aman dan tanpa hambatan,” kata Rudi Hermawan.

Tapi, tambah Rudi, jika transaksi tidak sesuai prosedur apalagi tidak memenuhi prosedur kepabeanan, maka dapat dipastikan akan rawan muncul persoalan-persoalan dalam kaitannya dengan transaksi tersebut.

“Oleh karena itu, upaya kami seperti Customs goes to Campus diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk tidak lagi takut atau mengabaikan prosedur yang ditetapkan oleh bea cukai dalam kaitannya dengan transaksi perdagangan,” kata Rudi.

Rudi menambahkan, saat ini ketika transaksi online menjadi satu diantara pilihan masyarakat maka ada banyak barang atau produk yang diperdagangkan kadang butuh pengawasan secara khusus.

“Oleh karena itu kami juga menghimbau pada mahasiswa untuk membangkitkan kesadarannya bahwa transaksi online juga diawasi oleh aturan dan ketentuan termasuk bea dan cukai. Maka dari itu, dengan memenuhi seluruh kewajiban atau prosedur bea dan cukai, maka amanlah transaksi perdagangan kita,” ujar Rudi.

Ditambahkan Rudi bahwa acara sejenis Customs goes to Campus sebelumnya sudah pernah digelar di beberapa kampus yang ada di Surabaya. “Mudah-mudahan seluruh kampus di Surabaya bisa kami datangi,” kata Rudi pada suarasurabaya.net.

Sementara itu, ditemui disela-sela kegiatan Customs goes to Campus, Fransiska satu diantara mahasiswa peserta mengaku beruntung mengikuti kegiatan tersebut lantaran dirinya jadi lebih tahu dan tidak perlu khawatir dengan bea dan cukai.

“Ternyata kewajiban kita adalah memenuhi prosedur bea dan cukai itu justru memudahkan transaksi perdagangan yang kita lakukan. Kadang kita takut dan khawatir kalau dengar bea dan cukai gitu. Ternyata justru membuat transaksi kita jadi lebih aman, asal sesuai prosedur,” ujar Fransiska.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
25o
Kurs