Jumat, 17 Mei 2024

Berikut Rute Jalan Yang Akan Dilalui Surabaya Half Marathon 2017

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Konferensi pers event Surabaya Half Marathon 2017 di Kantor Humas Kota Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Timur bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya menggelar Surabaya Half Marathon 2017 pada Minggu 13 Agustus 2017 mendatang.

Fransisca Maria Budiman Ketua Panitia mengatakan, akan ada 3.000 atlet lari mengikuti lari maraton dengan tiga kriteria jarak tempuh yaitu 5 kilometer, 10 Kilometer dan 21 kilometer.

Selain ribuan atlet lokal dan nasional, lari maraton ini juga diikuti 61 atlet asing dari berbagai negara diantaranya Australia, Belgia, China, Irak, Kenya, Ethiopia, Swedia, Jepang, Thailand, Amerika dan Belanda.

Surabaya Half Maraton ini digelar untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 72 sekaligus mengangkat kota Surabaya sebagai destinasi wisata alternatif wisatawan asing.

Afghani Wardana Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya mengatakan, event ini bisa dijadikan momentum pembinaan olahraga atletik dan cabang lain di Surabaya. Dalam event ini ada kesempatan atlet Surabaya mengukur prestasi dengan atlet luar negeri.

“Kami berharap ini jadi agenda tahunan dan nantinya bisa terselenggara marathon full dengan jarak tempuh 42 kilometer,” kata Afghani di Balai Kota, Kamis (10/8/2017).

Sementara, AKBP Adewira Negara Siregar Kasatlantas Polrestabes Surabaya mengatakan, penutupan jalan di rute pelari dimulai pukul 05.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Satlantas menerjunkan 639 personel yang disebar di simpul-simpul jalan yang berhubungan dengan rute Marathon. Adewira mengatakan, arus bisa kembali normal diperkirakan pukul 10.00 WIB.

Start para pelari dimulai dari Grand City dan Finish di Gran City. Untuk pelari jarak 21 kilometer akan melintasi banyak jalan di Surabaya mulai Gubeng Pojok-Pemuda-Panglima Soedirman-Urip Sumoharjo-Jl Raya Darmo-Putar ke KBS mengarah ke Diponegoro-belok Ciliwung-Adityawarman-Mayjend Sungkono-putar balik TVRI-ke Mayjend Sungkono-Indragiri-belok kanan Jl Dr Soetomo-belok kiri Jl Raya Darmo-Urip Sumoharjo-Basuki Rahmad-Embong Malang-Blauran-Bubutan-Kebonrojo-Pahlawan-Grmblongan-Tunjungan-Gubernur Suryo-Yos Sudarso-Gubeng Pojok dan sampai Grand City lagi.

Untuk rute pelari 10 Kilometer langsung memutar sejak Urip Sumoharjo menuju Basuki Rahmat dan selanjutnya sampai pahlawan dan mutar menuju Finish di Grand City. Sementara yang pelari jarak 5 kilometer, begitu sampai Jl Basuki Rahmat langsung mutar ke Gubernur Suryo dan lanjut ke Finish di Grand City. (bid/den/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
27o
Kurs