Kamis, 9 Mei 2024

Bursa Kerja Surabaya, Risma Ingatkan Pekerja Berinovasi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Bursa Kerja di Gedung Wanita Candra Kirana Kalibokor, Selasa (22/8/2017). Foto: Humas Pemkot Surabaya

Pemkot Surabaya kembali membuka bursa kerja terbuka di Gedung Wanita Candra Kencana, Jalan Kalibokor Selatan, selama 22-23 Agustus 2017. Ada 1.500 lowongan kerja dari 40 perusahaan yang berpartisipasi.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya saat membuka bursa kerja ini memotivasi para pemuda Surabaya agar kelak ketika sudah bekerja tidak sekadar bekerja. 

“Lakukan yang terbaik. Berikan yang terbaik dari diri kita. Jangan menganggap kerja hanya rutinitas. Jangan berpikir “saya hanya pegawai”. Tapi berpikirlah bagaimana membuat inovasi,” katanya, Selasa (22/8/2017).

Di era globalisasi seperti sekarang, kata Risma, warga dunia bisa masuk ke Surabaya. Bila tidak menyiapkan diri, warga Kota Pahlawan bisa tersingkir di rumahnya sendiri.

“Kita harus bisa bekerja lebih efektif dan efisien. Gunakan nalar. Jangan biasakan bilang “biasanya seperti ini”,” ujar Risma.

Dwi Purnomo Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Surabaya menyebutkan, berbagai upaya peningkatan kualitas SDM di Surabaya sudah dilakukan. Dengan berbagai pelatihan dan sertifikasi profesi.

Tujuannya, supaya generasi muda Surabaya bersaing dengan tenaga kerja asing yang di era globalisasi. “Jangan sampai kita hanya menjadi penonton di kota sendiri,” kata Dwi.

Disnaker Surabaya menargetkan akan menggelar tujuh bursa kerja di selama 2017. Hari ini merupakan bursa kerja yang kelima kalinya digelar di Surabaya pada 2017 ini. Bursa kerja selanjutnya, kata Dwi, akan digelar bulan depan.

Selama ini, sudah banyak perusahaan di Surabaya yang turut serta dalam bursa kerja di Surabaya. Perusahaan ini terdiri dari berbagai sektor. Baik dari industri, perdagangan, perhotelan, sektor angkutan, dan juga sektor jasa.

Banyak tenaga profesional yang dibutuhkan mulai dari teknisi dan programmer, hingga tenaga tata laksana seperti HRD dan juga tenaga usaha produksi.

“Sampai kemarin, sudah ada sekitar 5.000 pelamar kerja yang mengambil formulir bursa kerja ini. Selain dari Surabaya, juga ada yang dari luar kota,” ujar Dwi Purnomo.(den/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
32o
Kurs