Rabu, 24 April 2024

Cegah Thalasemia Rotary Ajak Masyarakat Peduli

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pemeriksaan darah sebagai langkah awal deteksi Thalassemia dapat dilakukan. Foto: Totok suarasurabaya.net

Rotary menggelar kegiatan Rotary Cegah Thalasemia untuk mengajak masyarakat peduli Thalasemia, Kamis (16/11/2017).

Yetty Soetan Ketua Rotary cabang Surabaya mengatakan bahwa hingga hari ini masyarakat masih belum banyak mengenal dan mengerti penyakit Thalasemia. Padahal, pemahaman itu bermanfaat guna menangkal Thalasemia guna menghadirkan generasi muda bangsa yang sehat dan kuat.

“Masyarakat perlu memahami dan mengenali apakah Thalasemia itu. Mengenali gejalanya termasuk berupaya melakukan pencegahan-pencegahan agar terhindar dari Thalasemia,” kata Yetty.

Trend penyakit ini dari tahun ke tahun memang terus meningkat. Tahun lalu tercatat 200 orang terdeteksi menderita Thalassemia. Dan tahun ini, berdasar catatan yang ada sudah terdeteksi 300 orang positif Thalassemia.

Oleh karena itu, lanjut Yetty Soetan masyarakat melalui berbagai kegiatan perlu diingatkan tentang bahaya Thalassemia yang mengancam siapapun, anak-anak maupun orang dewasa.

“Thalasemia tidak hanya merugikan bagi penderitanya, tetapi juga memberi oengaruh kepada keluarga. Mengingat masih mahalnya harga obat, tentu saja ini juga berpengaruh pada keluarga,” kata Yetty.

Rotary Cegah Thalassemia yang Kamis (16/11/2017) digelar di Lenmarc Surabaya, memberikan kesempatan pada masyarakat untuk mengikuti pemeriksaan darah dalam rangka mencegah Thalassemia.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs