Jumat, 7 Oktober 2022

Gagal Fokus Pamerkan Hasil Jepretan Kamera Analog

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu di antara pengunjung mendapat penjelasan terkait foto yang dipamerkan. Foto: Totok suarasurabaya.net

Keberadaan kamera analog atau kamera menggunakan rol film seiring dengan perkembangan teknologi saat ini sudah jarang terlihat digunakan penghobi fotografi. Kamera analog diganti dengan kamera digital.

“Kamera digital sudah bukan hal baru. Teknologi digital sudah merambah setiap sisi kehidupan, termasuk dunia fotografi saat ini. Kamera analog sudah ditinggalkan penghobi fotografi saat ini. Kamera digital memberikan berbagai kemudahan bagi penggunanya. Ini tidak bisa dipungkiri,” ujar Trisnadi Marjan fotografer Associated Preess (AP).

Tapi, di era kamera analog masih merajai dunia fotografi, lanjut Trisnadi, sebagai wartawan foto dirinya pernah juga mengoperasionalkannya. “Justru ada banyak pelajaran yang didapat dari menggunakan kamera analog tersebut,” tambah Trisnadi.

Dengan lebih banyak mengasah keterampilan menggunakan kamera analog kala itu, sejumlah karya foto Trisnadi sudah terpampang diberbagai media cetak yang ada di Indonesia. “Untuk pengaturan cahaya saja, kamera analog butuh keterampilan tersendiri,” lanjutnya.

Tapi dengan kamera digital kata Trisnadi lebih banyak kemudahan yang bisa dipilih untuk mengeksekusi sebuah momen dengan menggunakan kamera digital. “Kamera digital memberikan banyak pilihan kemudahan memang, sesuai kebutuhan gitu,” kata Trisnadi.

Mahasiswa yang tergabung sebagai Peserta Pameran Fotografi Dasar Angkatan Muda 2016 Communication Photography Club (Ciphoc) Unitomo, memilih menggunakan kamera analog satu diantara alasannya adalah ingin mengeksplor kamera.

Sekurangnya 30 karya foto yang seluruhnya merupakan hasil jeptretan menggunakan kamera analog dipamerkan dengan memilih tajuk Gagal Fokus. Dipamerkan hingga Jumat (28/4/2017), karya-karya foto tersebut juga didiskusikan bersama para senior Ciphoc.

Andhika Darmawansyah ketua pelaksana Pameran Fotografi Dasar Angkatan Muda 2016 Communication Photography Club (Ciphoc) Unitomo Surabaya menegaskan bahwa ini merupakan ruang ekspresi bagi anggota muda Ciphoc sekaligus belajar mengeksplor kamera analog.

“Kawan-kawan angkatan muda kami berikan kesemepatan untuk mengeksplor kamera analog sekaligus hunting. Karya dari kamera analog itu kita pamerkan sekaligus juga kita diskusikan. Apakah kekurangan dari karya-karya yang dipamerkan tersebut,” kata Andhika, Kamis (27/4/2017).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Jumat, 7 Oktober 2022
32o
Kurs