Jumat, 19 April 2024

Gubernur Bali Perintahkan Kepala Desa Tampung Pengungsi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Pengungsi Gunung Agung beristirahat di GOR Suwecapura, Klungkung, Bali, Minggu (24/9/2017) malam. Foto: Antara

I Made Mangku Pastika Gubernur Bali memerintahkan kepala desa di wilayah Kabupaten Karangasem menampung para pengungsi Gunung Agung yang saat ini tinggal di tenda-tenda pengungsian, tersebar di berbagai titik di Pulau Dewata.

“Saya sudah kumpulkan kepala desa dan pada dasarnya mereka sudah siap. Di Karangasem ada 50 desa yang aman jika Gunung Agung benar-benar meletus. Jadi tolonglah, tampung saudara-saudara kita yang ada di pengungsian,” katanya Pastika di Pos Komando Tanah Ampo, Kecamatan Manggis, lansir Antara, Minggu (1/10/2017).

Menurut dia, kondisi di tenda-tenda pengungsian sangat tidak layak untuk tempat tinggal jangka panjang jika berdasarkan pada pengalaman letusan Gunung Agung pada 1963 lalu yang tercatat sampai satu tahun lamanya.

Selain itu, suasana tenda yang panas dan berdebu juga menjadi kendala. Hal itu dikhawatirkan berdampak negatif terhadap kesehatan pada pengungsi yang jumlahnya puluhan ribu orang.

“Siang-siang itu luar biasa panasnya. Kalau satu sampai dua minggu mungkin tidak akan menjadi masalah, tetapi kalau sampai satu tahun kasihan juga,” kata Pastika sembari menambahkan, bahwa semua pengungsi harus selalu mendapatkan penanganan maksimal, terutama yang ada di tenda.

Mantan Kapolda Bali itu juga mengatakan, setiap desa yang ada di Bali memiliki balai desa dan balai banjar (dusun). Gedung tersebut (balai) dinilai sangat representatif untuk lokasi pengungsian dalam jangka waktu panjang.

Selain karena lebih aman, tentu bantuan logistik lebih mudah disalurkan bekerja sama dengan kepada desa dan kepala adat di wilayah itu.

Di Karangasem, kata Pastika ada 28 desa masuk dalam kawasan rawan bencana alam (KRB). Sisanya sekitar 50 desa wajib menerima pengungsi dari 28 desa itu.

“Sekarang ini adalah masalah rasa persaudaraan sesama orang Bali. Sudahkah kita punya rasa menyama braya? Pengungsi bukanlah tamu tapi keluarga kita sendiri. Jadi kepala desa di Karangsem harus tampung pengungsi untuk memudahkan koordinasi penyaluran bantuan. Tentu tetap satu garis komando dengan camat dan bupati,” katanya.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Bali mencatat, jumlah pengungsi sesuai data terakhir mencapai sekitar 144.389 orang tersebar di sembilan kabupaten/kota di Bali.

Sebagian besar pengungsi ditampung di Gedung Olahraga (GOR), tenda pengungsian darurat, balai masyarakat, balai banjar dan tempat pengungsian mandiri lain yang tersebar di beberapa wilayah.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs