Senin, 6 Mei 2024

Hari Pahlawan, Warga Belanda akan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Surabaya

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi. Kegiatan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Surabaya. Foto: Antara

Tabur Bunga bersama warga Belanda ini akan digelar oleh Komunitas Roodebrug Soerabaia, di Taman Makam Pahlawan (TMP) “Sepuluh Nopember” di Jalan Mayjen Sungkono Surabaya tepat di Hari Pahlawan, 10 November 2017, pukul 15.00 WIB.

“Ini akan menjadi sejarah pertamakalinya generasi muda Belanda menaruh bunga dan berdoa di atas makam Pahlawan yang gugur dalam pertempuran Surabaya,” kata Ady Setyawan, Founder Roodebrug Soerabaia pada suarasurabaya.net, Kamis (9/11/2017).

Dari Belanda akan hadir Robbert van de Rijdt, Direktur OGS (Makam Kehormatan Ereveld di Indonesia) dan sejumlah orang datang langsung dari Belanda khusus untuk acara ini.

Sementara dari pihak Indonesia akan dihadiri Komunitas Roodebrug dan undangan baik dari komunitas maupun perorangan.

Aksi ini adalah reaksi positif dari komunitas Roodebrug Soerabaia yang pada Oktober lalu menaruh bunga pada korban anak-anak kecil Belanda yang turut terbunuh dalam revolusi 45 di Surabaya.

“Sudah waktunya generasi saat ini saling memberi penghormatan,” ujar Ady.

Forgiven but not forgotten, saling memaafkan namun tidak untuk dilupakan. Karena sesungguhnya kita ada karena sejarah masa lampau dan untuk belajar agak tidak ada kesalahan yang terulang,” kata Ady.

Acara tabur bunga mawar merah dan mawar putih ini akan dibuka dengan seremonial tiup terompet dari Garnisun diikuti sambutan dan peletakan bunga.(ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
26o
Kurs