Jumat, 19 April 2024

Hubungi Para Menlu Timteng, RI Siap Bantu Atasi Krisis Diplomatik Qatar

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI berkomunikasi melalui telepon dengan para menteri luar negeri Timur Tengah untuk membahas situasi di kawasan menyusul pemutusan hubungan diplomatik oleh beberapa negara Arab kepada Qatar.

“Saya membahas dengan para Menlu Timur Tengah mengenai perkembangan kawasan dan menyampaikan pandangan serta kesiapan Indonesia untuk berkontribusi,” kata Retno dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri, Rabu (7/6/2017) seperti dilansir Antara.

Retno telah berkomunikasi via telepon dengan para menteri luar negeri Arab Saudi, Qatar, Kuwait, Turki dan Iran.

Selain mendapatkan pandangan para Menlu Timur Tengah mengenai situasi kawasan dari pembicaraan telepon itu, Retno juga menyampaikan keprihatinan Indonesia mengenai perkembangan situasi di Timur Tengah.

Retno menekankan pentingnya negara-negara Timur Tengah menahan diri dan mengambil langkah untuk mengurangi ketegangan.

Indonesia mengharapkan negara-negara yang langsung terlibat dalam ketegangan politik di Timur Tengah untuk mengedepankan dialog dan rekonsiliasi dalam menyelesaikan masalah. Indonesia juga menyatakan siap berkontribusi.

Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar karena hubungan negara ini dengan Iran dan anggapan bahwa kedua negara mendukung kelompok-kelompok teroris yang bertujuan mengacaukan Teluk, khususnya kaitan Qatar dengan Ikhwanul Muslimin yang dianggap ancaman oleh keempat negara. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs