Selasa, 19 Maret 2024

Identifikasi Korban Kebakaran Pabrik Petasan Tergantung Antemortem

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Petugas forensik RS dr Said Sukanto menurunkan jenazah korban kebakaran pabrik kembang api di Instalasi Kedokteran Forensik RS Polri Kramatjati, Jakarta, Kamis (26/10/2017). Foto: Antara

Keberhasilan proses identifikasi para korban kebakaran Pabrik PT Panca Buana Cahaya tergantung pada kelengkapan data antemortem yang diberikan pihak keluarga korban kepada polisi.

“Keberhasilan identifikasi itu tergantung data antemortem yang dikirim keluarga (korban) kepada kami,” kata Komisaris Besar Polisi Pramujoko, Ketua Tim Identifikai Korban Bencana Kepolisian Indonesia, di RS dr Said Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (30/10/2017).

Ia mengatakan data antemortem adalah semua data yang berkaitan dengan korban sebelum korban meninggal dunia.

“Meliputi rekam gigi, semua foto korban sebelum meninggal dunia, atau misalnya sebelum korban meninggal, dia sempat singgah di rumah makan untuk makan,” katanya seperti dilansir Antara.

Data antemortem sangat diperlukan untuk kemudian dibandingkan dengan data postmortem korban. Pasalnya, dalam kasus peristiwa kebakaran pabrik petasan itu, para korban tewas terbakar hingga hangus sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan tes DNA.

“Sehingga rekam gigi, foto korban semasa hidup yang memperlihatkan gigi, sangat diperlukan untuk diidentifikasi,” katanya.

Sejauh ini, mereka menerima 50 laporan dari keluarga yang merasa kehilangan anggota keluarga atas kasus itu.

“Kami menerima ada 50 laporan dari keluarga para korban. Ada (laporan) yang ganda. Misalnya, orang tuanya melaporkan, demikian pula istrinya,” katanya.

Dari seluruh laporan tersebut, seluruh keluarga korban telah menyerahkan data antemortem. Kendati demikian, terdapat data antemortem yang masih kurang yang belum diserahkan oleh keluarga.

“Misalnya mereka sudah menyerahkan foto korban semasa hidup tapi foto yang tidak terlihat giginya. Padahal kami perlu foto korban yang kelihatan giginya,” katanya.

Pihaknya memastikan bila seluruh keluarga korban telah menyerahkan data antemortem yang diperlukan, maka proses identifikasi akan berlangsung cepat.

Sementara RS dr Said Sukanto menerima 47 kantong jenazah dalam peristiwa itu yang terdiri dari 44 kantong berisi jenazah dan tiga kantong berisi bagian tubuh.

“Jadi, belum bisa dipastikan apakah tiga kantong berisi bagian tubuh itu merupakan bagian dari 44 jenazah atau di luar 44 jenazah,” katanya.

Saat ini, penyidik Polda Metro Jaya telah menetapkan tiga tersangka kebakaran gudang petasan tersebut.

Ketiga tersangka yakni Indra Liyono, pemilik gudang PT Panca Buana Cahaya Sukses, Andria Hartanto, Direktur Operasional PT Panca Buana Cahaya Sukses, dan Suparna Ega, tukang las.

Penyidik telah menahan Liyono dan Hartanto, sedangkan Suparna belum diketahui keberadaannya lantaran polisi belum bisa memastikan apakah Suparna termasuk korban meninggal dunia atau tidak. (ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
35o
Kurs