Jumat, 17 Mei 2024

Ingatkan Pentingnya Air di Peringatan Hari Air Sedunia

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Para pelajar SMP di Surabaya, Rabu (22/3/2017) menggelar aksi tanam Biopori. Foto: Totok suarasurabaya.net

Ratusan pelajar SMPN 22 bersama pelajar SMPN 36 Surabaya, Rabu (22/3/2017) gelar aksi tanam Biopori memperingati Hari Air Sedunia. Mengingatkan pentingnya fungsi air bagi kehidupan.

“Para siswa sejak awal memang kita ajak punya empati dan perhatian pada pentingnya fungsi air. Dan membuat Biopori ini merupakan satu diantara pilihan kegiatan,” kata Sisminarto Kepala SMPN 22 Surabaya.

Menggunakan alat khusus para siswa membuat lubang Biopori di halaman Masjid Al Akbar Surabaya. Lebih dari 50 lubang Biopori diharapkan bisa dikerjakan para siswa secara bersama-sama.

“Kami berharap melalui aksi ini siswa kami yang natinya juga akan menjadikan bagian dari masyarakat punya bekal bagaimana menjaga keberadaan air bagi kehidupan bersama. Ini penting,” ujar Sisminarto.

Sementara itu ditambahkan Roni Direktur Tunas Hijau Indonesia bahwa kegiatan membuat Biopori ini menjadi langka awal menumbuhkembangkan kecintaan dan kepedulian pada alam termasuk ketersediaan air.

“Ini langka awal bagi siswa untuk bisa memiliki empati terhadap lingkungan termasuk menjaga ketersediaan air. Selanjutnya mereka nanti akan jadi bagian masyarakat dan punya kepedulian terhadap ketersediaan air,” kata Roni.

Natinya secara rutin Biopori akan diperiksa dan dipantau dalam kaitannya dengan fungsinya untuk menyerap air.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
32o
Kurs