Kamis, 2 Mei 2024

Ini Alasan 9 Kiai Sepuh Pimpin Sejuta Umat Istighosah di Sidoarjo

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Sembilan Kiai Sepuh memimpin sejuta umat Istighosah Kubro di GOR Delta Sidoarjo, Minggu (9/4/2017). Foto: Taufik suarasurabaya.net

KH Hasan Mutawakil Allallah Ketua PWNU mengatakan Istighosah Kubro yang digelar NU kali ini tidak semata untuk merayakan harlah NU ke 94 melainkan juga untuk mendoakan bangsa agar terhindar dari perpecahan.

“Kiai NU tentu beda dengan yang lain, demo Kiai NU digelar dengan Istighosah, doa bersama,” kata Mutawakil ketika membuka Istighosah Kubro di GOR Delta Sidoarjo, Minggu (9/5/2017).

Doa dipilih karena doa adalah inti dari ibadah dan doa sejatinya adalah hakikatnya dari Mukmin sejati.

“Karena doa memiliki kekuatan yang luar biasa, bahkan hal-hal yang tidak rasional bisa dilalui dengan doa,” kata Mutawakil.

Menurut pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo, Jawa Timur ini, Kiai NU tidak hanya ngurusi agama melainkan juga memikirkan masalah bangsa. Istighosah ini adalah bagian dari peran para Kiai untuk mendoakan bangsa agar tetap rukun dan lebih sejahtera.

“Ulama kita tidak bisa tinggal diam melihat kondisi bangsa ini. Dan ini adalah bagian dari upaya itu,” ujarnya. (fik/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs