Sabtu, 18 Mei 2024

Jatim Borong Penghargaan Lomba PKK Tingkat Nasional

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Dra. Hj. Nina Soekarwo M.Si Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur bersama perwakilan PKK Provinsi Jawa Timur. Foto: Humas Pemprov Jatim

Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Jawa Timur mendapatkan penghargaan dari Tim Penggerak PKK Pusat. Jatim berhasil menempatkan 6 kabupaten/kota sebagai pemenang lomba tingkat nasional.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Dra. Hj. Nina Soekarwo M.Si Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur dari dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo Ketua Umum TP PKK pada Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 45 dan Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2017 di Atrium Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (3/10/2017) .

Kabupaten Ngawi memenangkan lomba Tertib Administrasi. PKK Kota Madiun dan Kabupaten Malang memenangkan lomba Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT). Lomba kategori Halaman Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK Jatim diraih oleh Kota Malang serta lomba Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) test diraih oleh TP PKK Kota Surabaya dan Kabupaten Nganjuk.

Ditemui disela-sela acara, istri Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo ini menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh TP PKK kabupaten/kota seluruh Jawa Timur. “Kami juga berterima kasih pada seluruh kader yang ikut berperan aktif hingga Jatim mendapatkan penghargaan ini,” kata Bude Karwo.

Pada kesempatan itu, Bude Karwo juga mengimbau kepada semua kader PKK, terutama yang menjabat sebagai ketua untuk lebih mengedepankan serta mengutamakan pendekatan secara persuasif terhadap masyarakat.

Menurutnya, Jatim memiliki keragaman tradisi, adat, budaya, bahasa, suku dan agama yang harus difahami oleh setiap kader PKK. Keragaman tersebut tidak bisa disamaratakan melainkan harus melalui pendekatan hati secara persuasif.

“Saya rasa, ibu ibu Ketua PKK di kabupaten/kota memiliki strategi dalam mendekatkan diri kepada masyarakat. Akan tetapi, pendekatan yang dilakukan harus secara persuasif,” ujarnya.

Bude Karwo mencontohkan daerah mataraman dengan tapal kuda pendekatannya berbeda, begitu pula dengan kultur arek juga sangat berbeda.(iss/ipg)

Keterangan foto:
– Dra. Hj. Nina Soekarwo M.Si Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur menerima penghargaan dari dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo Ketua Umum TP PKK di Atrium Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (3/10/2017).
Foto: Humas Pemprov Jatim

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs