Selasa, 23 April 2024

Jelang Imlek Klenteng Mulai Bersolek

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pekerja membersihkan bagian-bagian klenteng Hong San Ko Tee jelang Imlek. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Sejumlah tempat persembahyangan atau klenteng di Kota Surabaya, Jumat (6/1/2017) mulai mempersiapkan diri menyambut pelaksanaan upacara persembahyangan pergantian tahun dalam tradisi Tionghoa. Imlek 2568.

“Sementara ini kami masih dalam tahap mempersiapkan kegiatan-kegiatan yang nanti akan digelar menjelang pelaksanaan upacara persembahyangan malam pergantian tahun Imlek. Sebelumnya ada kegiatan-kegiatan lainnya juga, ini sedang kami persiapkan,” kata Teguh pengurus Klenteng Boen Bio.

Menurut Teguh biasanya memang ada sejumlah kegiatan yang dilakukan sebelum pelaksanaan persmebahyangan malam pergantian tahun baru Imlek. Mulai dari kegiatan yang dilaksanakan masing-masing umat maupun kegiatan yang dilakukan klenteng.

“Kami biasanya memang mempersiapkan kegiatan yang dilaksanakan dilingkungan klenteng. Biasanya mulai dari kerja bakti bersih-bersih klenteng sampai dengan untuk persiapan masing-masing persembahyangan menjelang Imlek,” tambah Teguh.

Sementara itu di klenteng Jl. Dukuh, persiapan untuk melakukan kegiatan bersih-bedrsih menjelang persembahyangan Imlek juga sedang dilakukan beberapa pekerja.

“Ini masih dirundingkan dulu. Soalnya ada persiapan-persiapan khusus untuk Imlek nanti, supaya umat nyaman berdoa dan bersembahyang. Imlek itu biasanya juga acara kumpul-kumpul keluarga. Imlek ada beberapa kali persembahyangan,” ujar Joni pengurus klenteng.

Sepekan menjelang persembahyangan Imlek, lanjut Joni ada beberapa kegiatan yang memang dikhususkan untuk umat berdoa dan bersembahyang sebelum nantinya mengikuti persembahyangan malam pergantian tahun.

Sekedar catatan, persembahyangan malam pergantian tahun memang berbeda dibandingkan dengan persembahyangan lain dalam tradisi masyarakat Tionghoa. Tahun ini malam pergantian tahun berlangsung pada Jumat (27/1/2017) malam. Dan esok harinya pada Sabtu (28/1/2017) adalah tahun baru Imlek 2568.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs