Minggu, 28 April 2024

Kasus e-KTP Jadi Momentum Pemerintah Berantas Korupsi

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Airlangga Pribadi Pengamat Politik dari Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, kepada Radio Suara Surabaya, Kamis (9/3/2017) menilai, pengungkapan kasus e-KTP bisa menjadi momentum pemerintahan Jokowi-JK bersih-bersih korupsi.

Keberanian mengungkap kasus ini juga akan memperlihatkan komitmen pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Apalagi kata Angga, eKTP adalah kebutuhan dasar dari rakyat. Sebab KTP menyangkut tentang hak politik dan hak penerima program pemerintah yang berdasarkan data base kependudukan.

“Jika pemerintah konsisten, maka ini akan menunjukkan keseriusan pemerintah sekalipun yang terlibat dalam kasus ini ada nama-nama besar, dan elit-elit politik,” kata Airlangga.

Menurut Airlangga, jika pemerintahan Jokowi Presiden memang benar-benar bisa mengatasi masalah ini, maka ini akan menjadi perubahan yang sangat besar.

Airlangga mengatakan, satu hal yang perlu dipertimbangakan oleh Presiden Jokowi yaitu, mendengar, mengajak dialog, dan memanfaatkan dukungan rakyat terhadap komitmen pemerintahan yang bersih.

“Apabila ada tekanan dari luar untuk menyelesaikan masalah ini dengan baik, saya fikir meskipun nama-nama besar yang ada di DPR pun akan tunduk dengan kehendak rakyat, karena jelas ini adalah sebuah kasus besar yang sangat berhubungan dengan kepentingan masyarakat,” ujar Airlangga.(ana/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
26o
Kurs