Minggu, 28 April 2024

Kedepankan Kejujuran, UN SMA Dimulai Hari ini

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Ilustrasi.

Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) maupun berbasis kertas dan pensil UNBKP jenjang SMA, diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia
mulai hari ini Senin 10 April sampai Rabu 12 April 2017.

Mendikbud menyerukan kepada peserta ( UNBK ) maupun (UNBKP), supaya tetap mengutamakan kejujuran. Jangan ingin memperoleh nilai tinggi, kemudian menghalalkan segala cara.

Melatih kejujuran merupakan salah satu tujuan diselenggarakannya UN, selain memperbaiki ranking nilai untuk mengikuti jenjang pendidikan lebih tinggi.

Pesan mendikbud jangan panik menghadapi lembaran soal soal ujian. UN materinya tidak beda dengan ulangan harian di sekolah. bedanya hanya pada penyelenggaraannya yang dilakukan secara serentak di seluruh indonesia.

Sebab itu tidak ada isu tentang jual beli lembaran soal dan kunci jawaban yang biasanya rame detiap menjelang pelaksanaan UN, kata Mendikbud.

Kejujuran yang berhubungan dengan UN, juga ditekankan pada guru. Mentri kembali mengulangi pernyataannya akan menjatuhkan sanksi berat kepada guru yang mengajari anak didiknya melakukan kecurangan waktu mengerjakan lembaran soal soal UN.

“Belum ada pengaduan tentang kebocoran soal, beredarnya kunci jawaban, dan kekurangan naskah soal dalam pelaksanaan UN,” ujar Muhadjir Effendi, Mendikbud, Senin (10/4/2017).

Mendikbud mengatakan, pengaduan yang masuk, terbanyak memberikan masukan dan kritik sehubungan dengan pengawasan dan pelaksanaan UNBK. Sedangkan UN jenjang SMK sudah diselenggarakan secara terpisah pekan lalu. (jos/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs