Kamis, 25 April 2024

Korps Marinir TNI AL dan USMC Latihan Perang

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Upacara pembukaan latihan militer bersama Korps Marinir TNI AL dengan USMC di Karangtekok, Situbondo Jawa Timur. Foto: Dispen Kormar

Korps Marinir TNI AL dengan United States Marine Corps (USMC) untuk kesekian kalinya melakukan Latihan Bersama (Latma) di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (7/9/2017).

Latihan Bersama Marinir Exercise yang merupakan bagian dari latihan Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2017 tersebut diawali dengan kedatangan prajurit Marinir Amerika (USMC) dengan mendarat di pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi pada tanggal 6 September 2017 dengan menggunakan kapal USNS Millinocket, kemudian dilanjutkan dengan pergeseran menuju Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Korps Marinir Baluran.

Kegiatan dilanjutkan penyematan tanda peserta latihan oleh Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Letkol Mar Prasetyo Pinandito pada Kamis (7/9/2017) di lapangan apel Puslatpur Korps Marinir Baluran.

Dalam kesempatan tersebut dibacakan sambutan Asops Kasal Laksamana Muda TNI I.N.G.N Ary Atmaja, S.E. Dalam sambutannya, Asops Kasal menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh delegasi Angkatan Laut Amerika di Indonesia.

Menurut Asops Kasal, Latihan Carat 2017 memiliki banyak arti penting yangt idak hanya meningkatkan profesionalisme Angkatan Laut kedua Negara, tetapi juga meningkatkan dan memperkuat hubungan baik antara Angkatan Laut Indonesia dan Angkatan Laut Amerika.

Latihan Carat 2017, lanjutnya, adalah implementasi di lapangan dari kerja sama bilateral di bidang pertahanan antara kedua negara dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas, profesionalisme dan kerja sama kedua negara di bidang Maritim yang berfokus pada kerja sama dan kemampuan untuk melaksanakan operasi gabungan, operasi gabungan laut dan udara, latihan bersama keamanan laut dan kegiatan sosial.

“Saya yakin latihan Carat 2017 akan meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, saling pemahaman dan memberikan kontribusi positif untuk memperkuat hubungan Angkatan Laut Kedua Negara”, tegas Laksamana Muda TNI I.N.G.N Ary Atmaja, S.E.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Asops Kasal menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta latihan dari Angkatan Laut Indonesia – Amerika dan Marinir Indonesia – Amerika yang terlibat dalam latihan Carat 2017.

“Yang tidak kalah pentingnya utamakan faktor keamanan, sehingga latihan benar-benar zero accident”, pungkas Ary Atmaja.

Sementara itu, Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Letkol Mar Prasetyo Pinandito mengatakan, Latihan Bersama Marinir Indonesia – Amerika itu merupakan bagian dari latihan bersama antara TNI AL dengan US Navy yang bersandikan Coorperation Afloat Readiness And Training (Carat) 2017.

Materi kegiatan yang akan dilatihkan, lanjutnya, meliputi menembak senapan, menembak Mortir 60 mm, GPMG, Sniper, Jungle Survival, Pertahanan, Patroli dan Raid, untuk daerah latihannya yaitu di Puslatpur Korps Marinir Baluran dan Selogiri.

“Selain berlatih, juga akan dilaksanakan kegiatan olahraga bersama dan fun game, dengan tujuan untuk mempererat hubungan Marines Brotherhood“, tegas Letkol Mar Prasetyo Pinandito.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Danyon USMC Letkol USMC Salame, Perwira dari Itjenal Letkol Mar Hermawan Prasetyo Budi, Perwira dari Itkormar Letkol Mar Budi Setyono, Paban Sops Pasmar-1 Letkol Mar Kusyuwono dan Perwira dari Sops Kormar Mayor Marinir Arif Bastian.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs