Minggu, 19 Mei 2024

Mahasiswa Gelar Aksi Bela Rakyat 121 di Depan Kantor Gubernur Jatim

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, Kamis (12/1/2017) siang ini berunjukrasa di depan kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan Surabaya. Foto: Taufik suarasurabaya.net

Ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, Kamis (12/1/2017) siang ini berunjukrasa di depan kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan Surabaya.

Dengan membawa berbagai spanduk dan poster, aksi kali ini mereka namakan aksi bela rakyat 121 dan digelar secara serentak di 19 kota termasuk di Surabaya.

Aksi sendiri diikuti oleh perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang tergabung dalam BEM seluruh Indonesia.

Mundzir salah satu perwakilan massa mengatakan, aksi bela rakyat 121 kali ini merupakan wujud keresahan mahasiswa terhadap kebijakan Jokowi Presiden yang menaikkan beberapa kebutuhan rakyat. Mulai dari bahan bakar minyak, tarif dasar listrik (TDL) hingga tarif pengurusan surat kendaraan bermotor.

Karenanya dalam aksi kali ini massa mendesak pemerintah segera mencabut PP 60 Tahun 2016 serta menolak kenaikan tarif dasar listrik (TDL) 900 volt.

Selain itu massa juga mendesak pemerintah segera mengembalikan mekanisme penetapan subsidi BBM serta menjamin ketersediaan premium di seluruh SPBU yang ada.

Berbagai yel-yel dan lagu perjuangan juga dinyanyikan oleh para mahasiswa diantaranya lagu Salam Dua Jari khas Jokowi saat kampanye namun diplesetkan dengan “Salam dua jari jangan lupa dengan janji”.

Sementara itu pantauan suarasurabaya.net, di kantor Gubernur Jatim, aksi kali ini dilakukan tepat di gerbang kantor Gubernur Jatim.

Massa tidak bisa masuk ke dalam halaman karena terhalang kawat berduri yang telah terpasang melingkar di depan Kantor Gubernur Jatim. (fik/dwi/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs